Ketika Fenomena Alam Dianggap Mistik

Advertisemen
Tahun-tahun belakangan ini, begitu banyaknya terjadi fenomena alam. Sering diberitakan fenomena-fenomena alam yang bagi sebagian orang dianggap ajaib, sehingga mereka yang terlalu percaya kepada hal-hal mistik, menganggap fenomena-fenomena alam tersebut berhubungan dengan kejadian-kejadian tertentu pada kehidupan manusia. Dulu, orang tersebut menganggap fenomena alam sebagai kutukan ataupun pertanda akan adanya bencana tanpa disertai alasan-alasan. Namun sekarang di zaman ilmiah ini, mereka menggunakan keterangan-keterangan ilmiah untuk mendukung argumentasi mereka. Padahal ilmuwan selalu menyangkal argumen-argumen ilmiah mereka.

Bagi umat Islam fenomena yang dianggap aneh, sebenarnya tidak asing lagi. Jika kita tengok sejarah shalat kusuf dan khusuf (shalat gerhana), kita akan menyadari bahwa orang mukmin harus menganggap bahwa segala fenomena alam yang terjadi adalah sebagai bukti kekuasaan Allah SWT. Orang mukmin harus meyakini bahwa alam semesta tunduk dan patuh kepada Allah SWT. Segala kejadian yang terjadi di alam semesta ini adalah atas kehendak Allah SWT. Sehingga orang mukmin tidak perlu khawatir akan adanya peristiwa ataupun fenomena alam yang dianggap aneh tersebut, karena orang mukmin percaya bahwa segala yang terjadi dan akan terjadi padanya tidak lain adalah atas kehendak-Nya. Yang perlu lebih dikhawatirkan adalah apakah esok hari kita masih dapat hidup di dunia? wallahu a'lam.

20. Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan kamu dari Thurob, kemudian tiba-tiba kamu (menjadi) manusia yang berkembang biak.

21. Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya diantaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berfikir.

22. Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah menciptakan langit dan bumi dan berlain-lainan bahasamu dan warna kulitmu. Sesungguhnya pada yang demikan itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang mengetahui.

23. Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah tidurmu di waktu malam dan siang hari dan usahamu mencari sebagian dari karuniaNya. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang mendengarkan.

24. Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya, Dia memperlihatkan kepadamu kilat untuk (menimbulkan) ketakutan dan harapan, dan Dia menurunkan hujan dari langit, lalu menghidupkan bumi dengan air itu sesudah matinya. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang mempergunakan akalnya.

25. Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah berdirinya langit dan bumi dengan iradat-Nya. Kemudian apabila Dia memanggil kamu sekali panggil dari bumi, seketika itu (juga) kamu keluar (dari kubur).

26. Dan kepunyaan-Nyalah siapa saja yang ada di langit dan di bumi. Semuanya hanya kepada-Nya tunduk.
(Q.S. ARRUUM [30])

Advertisemen

Related Posts

Baca Tulisan Lainnya ini