Belajar Mendaur Ulang Benda (Recycling)

Advertisemen

Tentang Daur Ulang Benda

Berbagai benda yang dibuang pada umumnya dapat didaur -ulang (Recycling), termasuk diantaranya kertas, kaca, logam, plastik dan sampah biodegradable seperti kulit buah dan potongan rumput. Recycling menghemat sumber daya alam, seperti pohon dan minyak mentah. Daur ulang juga menghemat karena energi yang digunakan untuk daur ulang lebih rendah dari pada membuat produk dari bahan baru. Contoh, 93 persen lebih banyak energi yang dibutuhkan untuk mengekstrak aluminium dari ore (biji) dari pada mendaur ulangnya.

Tempat Pembuangan Sampah/limbah

Kebanyakan sampah dibuang di area-area luas yang disebut TPA (Tempat Pembuangan Ampas). Area ini, di negara maju, di dalam area dibuat pit(lubang penampung yang lebar) dilapisi lempung untuk mencegah racun merembes ke tanah sekitarnya dan mencegah agar tidak mencemari suplay air. Pipa-pipa dimasukan ke dalam pit untuk memilih dan menghilangkan gas metan. Kecuali jika kita banyak melakukan daur-ulang, kita akan mengurangi tempat untuk dijadikan area pembuangan. Sehingga menghundari bahaya racun dari sampah.

Baja Gulung

Limbah baja dipiphkan atu dikoyak-koyak, lalu dilelehkan dalam furnace(tungku bakar). Baja cair dituangkan ke dalam cetakan untuk menjadi lempengan-lempengan baja yang disebut billets. Setelah memadat, billet dipanaskan kembali dan digulun menjadi baja tipis.

Lembaran Baja

Lembar baja digunakan untuk membuat berbagai macam produk, seperti kaleng makanan dan bagian mobil. Baja 100 persen dapat didaur ulang. Artinya baja daur ulang sama persis dengan baja asalnya.

Daur Ulang Kertas

Sebelum didaurulang, kertas disortir/dipilah-pilah dalam beberapa tingkat. Selanjutnya kertas dilumat dengan air dan bahan kimia untuk membentuk pulp (bubur kertas). Pulp dibersihkan (menghilangkan staples, lem atu tinta) dan disemprotkan ke dalam screen datar. Saat kering, kertas digunakan untuk membuat produk baru, seperti kertas koran.

Daur Ulang Plastik

Plastik seperti PET, digunakan dalam botol minuman ringan dapat didaur-ulang. Hal ini disebabkan palstik jenis ini jenis plastik yang disebut dengan termoplastik. Ketika dipanaskan, plastik mencair dan dapat dicetak menjadi bentuk baru. Hanya termoplastik yang dapat didaur ulang. Sedangkan plastik thermosetting malah terbakar bukannya mencair ketika dipanaskan.

Bidegradable (Daur-ulang alami)

Material dari benda hidup biasa adalah biodegradable. Mereka dipecah menjadi substansi sederhana dengan bantuan mikro-organisme. Dedaunan berdau-ulang menjadi kompos dan karbondioksida. Kebanyakan plastik tidak biodegradable. Palstik sangat berbeda degan bahan alami sehingga mikroorganisme tidak dapat mencernanya. Oleh karena masalah inilah par ilmuwan alam mengembangkan jenis palstik biodegradable, sehingga masalah pencemaran lingkungan dari sampah plastik yang selama ini ada dapat ditanggulangi.

Kompos Kebun

Membuat kompos adalah cara yang bagus untuk mendaur ulang materi yang biodegradable yang selalu hanya dibuang. Sisa sayuran, serbuk gergaji dan potongan rumput dapat disusun dalam wadah yang besar. Selama beberapa minggu, mikroorganisme akan memecah sampah biodegradable menjadi kompos. Kompos ini adalah bahan berwarna kehitaman yang kaya nutrisi untuk menambah nuutri pada tanah.

7. Al A'raaf
56. Dan janganlah kamu membuat kerusakan di muka bumi, sesudah (Allah) memperbaikinya dan berdoalah kepada-Nya dengan rasa takut (tidak akan diterima) dan harapan (akan dikabulkan). Sesungguhnya rahmat Allah amat dekat kepada orang-orang yang berbuat baik.

Advertisemen

Related Posts

Baca Tulisan Lainnya ini