Ilmu Kimia: Mengembangkan Material Baru

Advertisemen

Pengembangan Materi Baru

Ilmuwan material mengembangkan dan mengujicoba material baru yang dapat melakukan kerja lebih baik dari material yang ada sebelumnya, yang lebih mudah dan murah dibuat. Ilmuwan menggunakan pengetahuannya tentang bagaimana bentuk molekul berkombinasi dengan atom dengan cara baru. Mereka juga menggunakan panas dan tekanan agar material yang telah ada membentuk material dengan sifat baru. Mereka dapat membuat material dengan sifat cerdas yang merespon lingkungannya.


36. Yaasiin
36. Maha Suci (Allah) yang telah menciptakan pasangan-pasangan semuanya, baik dari apa yang ditumbuhkan oleh bumi dan dari diri mereka maupun dari apa yang tidak mereka ketahui.


Tekstil Untuk Kondisi Ekstrem

Dalam kondisi yang beku, pendaki membutuhkan baju yang supar hangat dan ringan, sehingga dapat bergerak dengan mudah. Aerogel adalh material penyekat baru yang sangat ringan digunakan untuk melapisi jaket untuk cuaca ektrem. Material ini terbuat dari silikon dioksida, yaitu material yang sama dalam pembuatan kaca. Akan tetapi, aerogel 99 persen udara, sehingga 1000 kali lebih tipis dari kaca.

Karet Aerogel

Sebagai salah satu substance paling ringan di bumi, aerogel dapat mengapung di udara dalam bentuk murninya. Aerogel juga memiliki sifat isolasi yang menakjubkan dan dapat melindungi kulit dari panas semburan api. aerogel dibuat dengan mencampur senyawa silikon dengan bahan kimia lainnya untuk membuat gel basah. Gel dikeringkan pada suhu dan tekanan yang tinggi.

Kolektor Debu Komet

NASA telah menggunakan sel/kertasmika aerogel pada pesawat angkas yang disebut dengan stardust untuk mengkoleksi debu dari komet. Kolektor debu komet berisi bujusangkar mika, yang dilapisi aerogel.

Stardust

Panel sel aerogel diletakan pada posisi stardust. Tekstur aerogel yang bersifat spon dimaksudkan bahwa partikel debu komet bergerak pada kecepatan lima kali peluru dapat diperlambat ditangkap tanpa remuk atau berubah bentuknya.

Advertisemen

Related Posts

Baca Tulisan Lainnya ini