Apa Itu Komposit

Advertisemen

Tentang Komposit

Sebuah komposit adalah kombinasi dari dua atau lebih bahan-bahan yang berbeda. Material/bahan baru yang mengkombinasikan sifat terbaik seperti kuat dan rinagn dari masing-masing bahan. Ada banyak contoh komposit disekitar kita. Sepatu bot, sepeda, raket tenis terbuat dari komposit. Kebanyakan komposit adalah bahan sintetik, tetapi ada juga yang terjadi secara alami. Kalogen lembut dan berbusa, memberikan fleksibilitas pada tulang. Tulang terdiri dari 80-90 persen hydroxyapatite dan 10-20 persen protein kalogen.


17. Al Israa'
97. Dan barangsiapa yang ditunjuki Allah, dialah yang mendapat petunjuk dan barangsiapa yang Dia sesatkan maka sekali-kali kamu tidak akan mendapat penolong-penolong bagi mereka selain dari Dia. Dan Kami akan mengumpulkan mereka pada hari kiamat (diseret) atas muka mereka dalam keadaan buta, bisu dan pekak. Tempat kediaman mereka adalah neraka jahannam. Tiap-tiap kali nyala api Jahannam itu akan padam, Kami tambah lagi bagi mereka nyalanya.

98. Itulah balasan bagi mereka, karena sesungguhnya mereka kafir kepada ayat-ayat Kami dan (karena mereka) berkata: "Apakah bila kami telah menjadi tulang belulang dan benda-benda yang hancur, apakah kami benar-benar akan dibangkitkan kembali sebagai makhluk baru?"


Komposit Alami

Tulang adalah komposit dari hidroxyapatite dan protein yang disebut kalogen. Hydroxyapatite bahan yang rapuh tetapi keras dan kaku yang memberi struktur tulang kuat.

Mobil Pintar (Smart Car)

Smart Car adalah mobil dengan kursiduduk dua yang memiliki bobot ringan, sehingga dapat lebih sedikit mengkonsumsi bahan bakar daripada mobil yang berat. Mobil ini juga didesain agar memakan tempat/ruang yang lebih kecil dalam pusat kota. Lebih dari 40 persen bagian dari Smart car dibuat dari bahan komposit. Diletakan bersama dalam panel-panelnya, sehinga setiap panel komposit dapat dipindahkan dengan mudah.

Advertisemen

Related Posts

Baca Tulisan Lainnya ini