Bagaimana Cara Kerja Radiasi - Ilmu Fisika

Advertisemen

Apa itu Radiasi

Atom-atom dari beberapa unsur kimia tidak stabil. Atom-atom itu mencoba untuk menyusun ulang dirinya menjadi atom yang stabil. Dalam prosesnya, atom-atom itu memancarkan partikel-patikel radiasi atau letupan kecil radiasi. Proses ini disebut radioaktifitas. Meskipun radioaktifitas dapat mencederai manusia, namun juga dapat benmanfaat untuk kehidupan sehari-hari. Bisa digunakan untuk membuat energi nuklir dan mengawetkan makanan, dan juga berperan penting dalam pengobatan kanker.

Bahaya Radiasi

Beberapa jenis radiasi bersifat merusak, karena dapat merusak atau menghancurkan jaringan tubuh manusia. Jika manusia terkena dosis radiasi yang besar, maka akan terkena penyakit radiasi yang selalu menyebabkan kanker. Penyakit radiasi dapat juga mempengaruhi kemampuan manusia untuk memperoleh keturunan.

Jenis-Jenis Radioaktifitas

Tiga jenis itu adalah: partikel alfa dan beta, dan radiasi gamma, sebuah Partikel alpa adalah dua proton yang bergandengan dengan dua netron. Partikel beta adalah sebuah elektron. Sedangkan Radiasi gamma adalah energi radiasi elektromagnetik yang sangat tinggi.

Peluruhan Alfa

Sebuah partikel alfa terbentuk ketika nukleus dari atom besar yang tidak stabil menyusun ulang dirinya, atau meluruh, menjadi atom lebih kecil yang lebih stabil. Atom yang baru dan lebih kecil ini memiliki 2 proton dan 2 netron, lebih sedikit dari atom aslinya. Keduanya saling berikatan menjadi partikel alfa yang keluar dari ikatan atom besar. Beberapa energi sinar gamma dilepaskan. Sinar ini adalah radiasi dengan energi dan frekuensi tinggi, berjalan dengan kecepatan cahaya.

Peluruhan Beta

Peluruhan beta cukup berbeda dengan peluruhan alfa. Sebuah netron dalam nukleus atom yang tidak stabil, berubah menjadi sebuah proton dan sebuah elektron. Proton itu berikatan dengan nukleus, sedangkan elektron dikeluarkan dari atom dengan kecepatan tinggi. Elektron dengan kecepatan tinggi ini yang disebut dengan partikel beta. Beberapa energi sinar gamma juga dilepaskan dalam proses ini.

Advertisemen

Related Posts

Baca Tulisan Lainnya ini