Pelajaran Fisika Tentang Gerak

Advertisemen

Apa sih Gerak itu?

Segala sesutau di dunia ini dapat bergerak. Bahkan benda yang terlihat diam sesungguhnya bergerak, karena atom di dalamnya sedang bergetar. Sebuah objek bergerak dari satu posisi ke posisi lainnya saat gaya diterapkan padanya dan gaya ini tidak seimbang. Saat sebuah gaya dari satu arah merubah kecepatan atau velositas sebuah objek, hal ini disebut dengan percepatan.

dan (Dia telah menciptakan) kuda, bagal dan keledai, agar kamu menungganginya dan (menjadikannya) perhiasan. Dan Allah menciptakan apa yang kamu tidak mengetahuinya.
(Q.S. An Nahl[16]: 8)

Kecepatan

Saat kita berpikir tentang kecepatan, kita membayangkan sepeda motor, mobil, pesawat jet atau sesuatu yang bergerak cepat. Bagi ilmuwan, kecpeatan berarti benda bergerak baik cepat atau lambat. Kecepatan diartikan sebagai jarak tempuh sebuah objek dalam waktu tertentu. Mobil yang cepat dapat menempuk perjalanan yang lebih jauh dari pada mobil yang lambat dengan waktu yang sama.

Mengukur Kecepatan

Kamu dapat menghitung kecepatan pelari dengan mengukur waktu yang ditempuh untuk jarak tertentu. Kecepatannya adalah jarak yang ditempuhnya dibagi dengan waktu yang diperlukan. Jika jarak diukur dengan satuan meter dan waktu dalam detik, maka kecepatan diukur dalam meter per detik.

Velositas

Velositas adalah kecepetan pada sebuah objek yang bergerak dalam arah tertentu. Dua mobil yang bergerak pada kecepatan yang sama memiliki velositas yang berbeda jika arah mobil yang satu ke utara sedang lainnya ke selatan. Velositas diukur dalam meter per detik, yang mana membagi jarak tempuhnya dengan waktu yang diperlukan, dalam suatu arah spesifik. Ketika sebuah benda merubah kecepatan, maka merubah velositasnya. Saat merubah arahnya juga merubah velositas meskipun kecepatannya tetap.

Akselerasi(percepatan)

Saat kita berbicara tentang akselerasi, biasanya mengartikan kecepatan yang semakin cepat. Dalam sains, akselerasi artinya segala perubahan dari velositas objek, baik benda itu semakin cepat, lambat atau berubah arahnya. Semakin besar gaya, semakin cepat perubahan velositasnya. Sebuah objek yang bergerak melingkar, arahnya berubah secara konstan, Meskipun bergerak pada kecepatan yang stabil, namun velositasnya selalu berubah. Ketika objek bergerak melingkar, gaya konstan yang menariknya ke pusat dan membuatnya tidak bergerak lurus disebut gaya sentripetal.
Advertisemen

Related Posts

Baca Tulisan Lainnya ini