Teori Kimia Molekul

Diposkan oleh Islam Wiki

Apa itu Atom

Kebanyakan atom bergandengan dengan atom lainnya melalui ikatan kimia untuk membentuk partikel yang lebih besar yang disebut dengan molekul. Atom dapat bergandengan dengan atom unsur yang sama atau dengan yang berbeda. Substansi yang molekulnya memiliki jenis atom yang berbeda disebut dengan senyawa. Reaksi kimia dapat merubah molekul dan jika ini terjadi, molekul baru dan oleh karenanya senyawa baru terbentuk.


67. Al Mulk
3. Yang telah menciptakan tujuh langit berlapis-lapis. Kamu sekali-kali tidak melihat pada ciptaan Tuhan Yang Maha Pemurah sesuatu yang tidak seimbang. Maka lihatlah berulang-ulang, adakah kamu lihat sesuatu yang tidak seimbang?



MACAM-MACAM MOLEKUL

Molekul dapat sederhana atau rumit. Molekuk dapat tersusun hanya dari satu atom. Unsur Argon memiliki satu atom molekulnya. Molekul lainnya dapat terdiri dari dua atom dari unsur yang sama. Molekul oksigen tersusun dari 2 atom aksigen yang saling bergandengan. Dalam keadaan tertentu, 3 atom oksigen saling bergandengan membentuk sebuah molekul yang disebut dengan ozon.

MOLEKUL SEDERHANA

Molekul air (H2O) adalah sederhana. Molekulnya tersusun dari 2 atom hidrogen(H) yang berikatan dengan satu atom oksigen (O). Semua molekul air sama, tetapi air berbeda dengan molekul berbagai substansi lainnya. Sebuah molekul air adalah bagian terkecil dari air. Kamu dari memecahnya menjadi bagian yang lebih kecil, tetapi tidak menjadi air lagi. Simbol yang digunakan oleh ilmuwan alam untuk mewakili molekul disebut dengan rumus kimia.

MOLEKUL KOMPLEKS

Beberapa molekul, seperti plastik dalam sebuah alat pernapasan selam, terdiri dari seratus atau lebih atas atom karbon, hidrogen dan klorin yang saling berikatan. Molekul kompleks demikian disebut dengan polimer. Hal itu dapat terjadi karena atom karbon dapat membentul ikatan sangat stabil dengan atom karbon lainnya. Kebanyakan molekul pada makhluk hidup tersusun dari polimer yang rumit.

IKATAN

Ketika atom bergandengan bersama membentuk molekul, Mereka tersambung bersama oleh ikatan kimia. Bentuk ikatan ini sebagai sebuah hasil dari pertukaran elektron antar atom. Hanya elektron pada kulit paling luar yang terjadi ikatan. Atom yang lain menggunakan elektron untuk membentuk satu dari tiga tipe ikatan: Ikatan ion, ikatan kovalen dan ikatan logam.

MACAM IKATAN ATOM

Ikatan Ion

Dalam ikatan ion, elektron dipindahkan dari satu atom ke atom lainnya. Ketika sodium dan klorin berkombinasi membentuk sodium klorida (garam), sodium kehilangan sebuah dan menjadi bermuatan positif, klorin mengambil elektron tersebut dan menjadi bermuatan negatif. Ikatan ion sulit untuk dipisahkan. Senyawa ion biasanya padat dengan titik lebur tinggi.

Ikatan Kovalen

Dalam sebuah ikatan kovalen, elektron dibagi/dipakai antar dua atom. Ketika dua atom oksigen berikatan bersama membentuk molekul oksign, mereka saling berbagi empat elektron- dua elektron dari setiap atom oksigen. Contoh lain dari ikatan kovalen adalah air (H2O), dan karbondioksida(CO2). Senyawa kovalen biasanya cair atau gas dengan titik lebut rendah.

Ikatan Logam

Atom-atom logam saling berikatan melalui ikatan logam. Pada jenis ikatan ini, semua atom kehilangan elektron, yang melayang dalam himpunan yang merata. Elektron dalam himpunan ini dapat bergerak bebas, inilah kenapa logam dapat menghantarkan panas atau listrik dengan baik. Jika salah satu bagian logam dipanaskan, elektron-elektronnya membawa panas dengan cepat ke bagian lainnya.

Perubahan Molekul

Semua di sekitarmu, molekul-molekul sedang berubah dan menyusun atom-atomnya dalam ikatan kimia untuk membentuk molekul dan senyawa baru. Ketika kamu menghirup oksigen, akan melewati perubahan kimia di dalam tubuhmu dan terbentuk sebuah senyawa baru yaitu karbondioksida yang kamu hembuskan. Katalis adalah jenis molekul spesial yang mempercepat reaksi kimia, tetapi tidak merubah dirinya. Contoh penggunaan katalis yaitu pada Konverter katalis dalam mobil.

Reaksi SFX

Sebuah ledakan khas adalah sebuah reaksi kimia yang melepas energi. Ahli pyrotechnic menginginkan agar setiap ledakan itu unik, sehingga mereka menggunkan jenis dan jumlah ledakan yang berbeda. Dalam setiap reaksi kimia, beberapa ikatan diantara atom rusak dan yang baru terbentuk. Energi diperlukan untuk memecah sebuah ikatan, tetapi energi dikeluarkan ketika sebuah ikatan dibuat. Berdasarkan pada jumlah dan jenis ikatan yang rusak dan tersusun, sebuah reaksi dapat memerlukan atau memberi energi.

Konverter Katalis

Ketika sebuah mobil membakar bensin, hal ini akan menimbulkan gas yang berbahaya. Mobil yang dipasangi konverter katalis merubah gas berbahaya menjadi gas yang aman. Ketika gas masuk ke konverter katalis, gas membentuk ikatan sementara dengan permukaan katalis. Hal ini akan membawa ikatan gas menjadi saling tertutup dan memungkinkan gas bari yang aman terbentuk.

Enzim Dapur

Enzim adalah katalis yang ditemukan di alam. Contoh, enzim dalam ragi yang menyebabkan adonan roti mengembang. Ketika ragi dicampur dengan air hangat dan gula, maka akan mulai tumbuh dan gelembung-gelembung karbondoksida akan terbentuk. Ketika campuran ragi ditambahkan pada tepung dan air untuk membua adonan, maka adonan mengembang. Memaskan roti akan mematikan ragi. Ilmuwan menggunakan persamaan kimia untuk menunjukan bagaimana molekul berubah dalam sebuah reaksi kimia.