Pelajaran Fisika: Gaya Gravitasi

Advertisemen

Apa itu Gaya Gravitasi

Gravitasi adalah gaya yang diciptakan Tuhan yang membuat benda-benda jatuh ke tanah bumi dan menjadikan planet-planet tetap pada orbitnya disekitar matahari. Gaya gravitasi yang berkerja sangat besar meregangkan antar objek di alam semesta dan menjadikannya tetap bersama. Gaya gravitasi antar objek meningkat bergantung pada massanya. Gaya gravitasi antara objek-objek di bumi terlalu kecil untuk diperhatikan.

Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah berdirinya langit dan bumi dengan iradat-Nya. Kemudian apabila Dia memanggil kamu sekali panggil dari bumi, seketika itu (juga) kamu keluar (dari kubur).
(Q.S. Ar Rum[30]: 25)

Yang telah menciptakan tujuh langit berlapis-lapis. Kamu sekali-kali tidak melihat pada ciptaan Tuhan Yang Maha Pemurah sesuatu yang tidak seimbang. Maka lihatlah berulang-ulang, adakah kamu lihat sesuatu yang tidak seimbang?
(Q.S. Al Mulk[67]: 3)

Pusat Gravitasi

Pada bumi, benda-benda memiliki titik pusat, yang selalu dekat dengan pusatnya, yang disebut dengan pusat gravitasi. Semakin rendah pusat gravitasinya, semakin stabil. Mobil didesain agar mesinnya dekat dengan tanah, untuk menjaga agar pusat gravitasinya rendah. Artinya mobil dapat meliku tanpa terjungkal.

Gaya Jatuh

Antara sebuah bola atau sehelai bulu, mana yang lebih cepat jatuhnya? Di atmosfer bumi, bola mencapai tanah lebih dahulu karena hambatan udara memperlambat bulu jatuh. Dalam tempat yang vakum, tidak ada udara dan tidak ada hambatan udara. Bulu dan bola jatuh pada rata-rata waktu yang sama karena gaya gravitasi menarik keduanya dengan gaya yang sama besar.

Massa

Massa dari sebuah objek adalah jumlah unsur yang dikandungnya. Semakin besar massa objek, semakin banyak unsur yang dikandungnya dan semakin besar objek itu menarik objek lainnya dengan gaya gravitasi.

Massa sebuah objek tidak bervariasi/berubah kecuali jika jumlah unsur di dalamnya berubah untuk tujuan tertentu. Massa diukur dengan Kilogram (kg).

Advertisemen

Related Posts

Baca Tulisan Lainnya ini