Pelajaran Fisika: Friksi (Gaya Gesek)

Diposkan oleh Islam Wiki

Apa itu Friksi

Jika kamu menendang sebuah bola sepanjang lapangan, bola memantul dan menggelinding pada permukaan tanah yang kasar dan segera berhenti. Apa yang menyebabkannya melambat adalah friksi, yaitu gaya diantara sebuah objek bergerak dan apa saja yang menyentuhnya. Mobil dapat melaju kencang jika aerodinamis untuk mereduksi tipe friksi yang disebut resistensi udara. Friksi kadang dapat sangat berguna, Tanpa friksi diantara roda dan jalan, mobil tidak cukup genggaman untuk bergerak.

Apakah kamu tidak memperhatikan, bahwa sesungguhnya Allah menurunkan air dari langit, maka diaturnya menjadi sumber-sumber air di bumi kemudian ditumbuhkan-Nya dengan air itu tanam-tanaman yang bermacam-macam warnanya, lalu menjadi kering lalu kamu melihatnya kekuning-kuningan, kemudian dijadikan-Nya hancur berderai-derai. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat pelajaran bagi orang-orang yang mempunyai akal.
(Q.S. Az Zumar [39]: 21)

Jika Dia menghendaki, Dia akan menenangkan angin, maka jadilah kapal-kapal itu terhenti di permukaan laut. Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda (kekuasaannya) bagi setiap orang yang banyak bersabar dan banyak bersyukur,
(Q.S. Asy Syuura[42]: 33)

Dan di antara tanda-tanda kekuasan-Nya adalah bahwa Dia mengirimkan angin sebagai pembawa berita gembira dan untuk merasakan kepadamu sebagian dari rahmat-Nya dan supaya kapal dapat berlayar dengan perintah-Nya dan (juga) supaya kamu dapat mencari karunia-Nya; mudah-mudahn kamu bersyukur.
(Q.S. Ar Rum[30]: 46)

Pelumas Mesin

Substansi licin seperi oli mereduksi gesekan/friksi antara dua permukaan. Substansi ini dikenal dengan sebutan 'pelumas'. Mesin harus diberi pelumas untuk mencegah bagian-bagiannya cepat aus karena gesekan.

Aerodinamik

Ketika obejk bergerak, udara disekitarnya menimbulkan sebuah tipe gesekan/friksi yang disebut resisten udara, atau drag (gesekan udara), yang memperlambatnya. Objek bergera-cepat seperti mobil, kereta dan pesawat terbang adalah aerodinamis- dirancang dengan permukaan yang lengkung dan meiring untuk memetong udara dan mereduksi gesekan udara. Hal ini membantu benda bergerak lebih cepat dan menggunakan bahan bakar lebih sedikit. Perahu dapat dijadikan aerodinamis juga, untuk mereduksi gesekan air.