Artikel, Berita dan Opini Tentang Islam

Teori Kimia Unsur



Unsur Kimia

Begitu banyaknya materi yang berada disekitar kita, terbentuk dari kombinasi substansi yang berbeda-beda yang disebut dengan unsur. Unsur adalah substansi murni yang tidak dapat dibagi-bagi lagi menjadi sesuatu yang lebih sederhana. Beberapa diantaranya, seperti emas dan perak, adalah unsur murni(hanya terkandung satu unsur). Kebanyakan unsur, bagaimanapun, terdiri dari dua, tiga dan lebih untuk memembentuk senyawa. Unsur alami ditemukan di bumi. Sedang unsur sintetik dibuat di laboratorium.


"6. Al An'aam
101. Dia (ALLAH SWT) Pencipta langit dan bumi. Bagaimana Dia mempunyai anak padahal Dia tidak mempunyai isteri. Dia menciptakan segala sesuatu; dan Dia mengetahui segala sesuatu. "


METEORIT

Sebuah unsur selalu sama, dimanapun dia ditemukan. Contohnya, meteor adalah batu yang besar yang mendarat di bumi dari angkasa. Beberapa meteor mengandung logam seperti besi yang merupakan unsur alami. Besi dalam sebuah meteor dari angkasa sama dengan besi yang ditemukan di bebatuan bumi.

Asal Usul Unsur

Para saintis berpendapat bahwa semua unsur dibumi terbentuk saat ledakan bintang. Alam semesta menurut ilmuwan terbentuk dari dua unsur yaitu hidrogen dan helium , yang membentuk menjadi bintang. Pada inti panas dari bintang-bintang, hidrogen dan helium terdorong bersama membentuk unsur baru, unsur yang lebih berat. Waktu unsur-unsur lebih berat terbentuk dalam ledakan bintang raksasa ini disebut dengan Supernova.

Tabel.2 Unsur-unsur dalam Kerak Bumi

Unsur Persen
Oksigen 47
Silikon 28
Aluminium 8
Besi 5
Kalsium 3,5
Sodium 3
Potassium 2,3
Magnesium 2
Unsur lainnya 1

UNSUR ALAMI

Ada 90 macam unsur alami, melingkupi dari yang paling ringan yaitu hidrogen dan yang paling berat adalah uranium. Unsur lainnya yang telah banyak dikenal yaitu aluminium, karbon, tembaga, dan oksigen. Setiap substansi di bumi terbentuk dari satu atau lebih dari 90 unsur ini. Oksigen adalah unsur yang paling umum di bumi. Hidrogen adalah unsur yang paling umum di alam semesta.

Aluminium

Aluminium adalah elemen umum, tetapi unsur ini tidak pernah ditemukan secara alami dalam bendanya. Unsur ini harus diekstrak dari batu yang disebut dengan mineral. Proses ekstraksi ini biasanya sangat sulit dan aluminium dianggap sebuah logam yang berharga, lebih bernilai dari emas. Dewasa ini, ekstraksi nya lebih mudah dan aluminium digunakan dalam berbagai peralatan sehari-hari seperti botol minuman dan kertas.

UNSUR SINTETIK

Tidak ada unsur yang lebih berat dari uranium yang ditemukan secara alami. Saintis dapat membenturkan/ menabarkan dua unsur yang lebih kecil pada kecepatan tinggi untuk membentuk unsur baru yang lebih berat. Banyak unsur dibentuk dengan cara ini akan pecah/hancur dengan segera, meskipun ada beberapa yang dapat bertahan untuk beberapa hari atau beberapa minggu. Saintis membuatnya untuk mempelajari tentang bagaimana unsur terbentuk dan bagaimana bisa berubah menjadi lebih berat. Yang termasuk unsur sintetik adalah plutonium dan einstenium.

CYCLOTRON

Para ilmuwan membentuk elemen sintetik dalan sebuah cyclotron. Cyclotron terdiri dari sebuah track bundar, dimana partikel-partikel dilepaskan. Partikel dipercepat sampai kecepatan super ekstrem, sebelum dibiarkan bertabrakan dengan target dari unsur lain untuk membentuk unsur baru. Pada cyclotron paling besar, luas lingkarannya mencapai beberapa kilometer dan kecepatan partikelnya pada 225.000kph (13.809 mph).




Share Ke Temenmu:
Kategori: kimia
Back To Top