Fenomena "Dakwah" Lewat Sepakbola, Inilah Biografi Mo Salah Sang Mesin Gol

Advertisemen
Dakwah tak melulu harus lewat ceramah. Apalagi di era melinium ini dimana media massa memiliki peran penting dalam perubahan cara pandang manusia.

Seperti halnya yang dilakukan oleh seorang bintang baru dalam dunia sepak bola yaitu Mohammed Salah.

M. Salah adalah seorang pemain bola terkenal yang kini (2017-2018) bernaung di klub Eropa, Liverpol FC. Kelincahan bermain bolanya telah disejajarkan dengan pemain bola top dunia seperti Ronaldo dan Messi.

Pria asal Mesir ini sangat femomenal karena selain skill bermain bolanya yang hebat, juga karena Aksi-aksi selebrasinya yang khas dilakukan oleh seorang muslim. Saat setelah mencetak gol sering kali dia langsung melakukan sujud syukur. Di lain kesempatan dia juga sering mengacungkan teluncuk dengan menengadah ke atas sebagai simbol mengesakan Allah SWT.

Dia juga selalu berdoa dengan menengadahkan kedua tangannya ke atas, setiap kali pertandingan akan berlangsung.

Tidak hanya itu, Salah juga dikenal sebagai seorang muslim yang taat beribadah. Dikabarkan di berbagai media online bahwa dirinya meminta izin untuk shalat saat berlangsung pertandingan.

Kemudian saat bulan Ramadhan, Salah juga tetap berpuasa meski harus melakukan latihan dan pertandingan.

Berbagai hal-hal yang menjadi kebiasannya tersebut, telah menjadi sebuah fenomena dakwah dengan perbuatan yang telah menginspirasi banyak orang. Apalagi di tengah-tengah masyarakat barat yang dilanda islamophobia.

BIOGRAFI M. SALAH

Mohamed Salah Ghaly adalah pesepak-bola Mesir yang bermain sebagai pemain depan, untuk tim nasional Mesir serta klub Liga Premier 'Liverpool.'

Lahir dan dibesarkan di Gharbia, Mesir, ia adalah pemain berbakat sejak masa kecilnya. Dia memulai karirnya dengan tim pemuda dari klub Mesir 'El Mokawloon.'

Segera, transisinya ke tim senior klub di 'Liga Premier Mesir' terjadi pada tahun 2010.

Pada tahun 2012, ia pindah ke klub sepak bola Swiss, 'FC Basel '. Dia memainkan peran penting dalam kemenangan Basel di “Kejuaraan Swiss” 2012-13 dan 2013 ‘Uhren cup.’

Pada Januari 2014, dia ditransfer ke ‘Chelsea,’ dan menjadi pemain Mesir pertama yang bermain dengan Chelsea. Selanjutnya, ia bermain untuk ‘Roma’ dan ‘Fiorentina’ (dengan status pinjaman) sebelum menandatangani kontrak baru dengan ‘Liverpool’ pada tahun 2017.

 Pada 2017, ia dinobatkan sebagai “African Footbal Player Of the Year" oleh BBC dan CAF.

Masa Kecil dan Remaja

Mohamed Salah lahir pada 15 Juni 1992, di Nagrig, Gharbia, Mesir, dari orang tua kelas menengah. Mohamed tidak pandai dalam bidang akademik, yang mengkhawatirkan orang tuanya.

Mohamed mencoba menemukan keseimbangan yang tepat antara akademisi dan sepakbola, tetapi dia tidak pernah bisa meningkatkan akademisnya. Sepakbola tetap menjadi prioritasnya sepanjang masa kecil dan remaja.

Ketika dia tidak bermain, dia menonton sepakbola di televisi. Di antara idola awalnya adalah beberapa pemain Arab. Orang tuanya menginginkan karier konvensional untuknya, tetapi tidak terpengaruh oleh keinginan orangtuanya, Salah menjaga dirinya sepenuhnya asyik dalam sepak bola.

Pada awalnya, Salah bermain sepakbola hanya untuk bersenang-senang, tetapi dia mulai menganggapnya sebagai peluang karir yang serius ketika dia bergabung dengan klub pemuda lokal 'El Mokawloon' di Kairo. Letaknya jauh dari kampung halamannya dan dia harus berpindah lima bus untuk mencapai akademi, yang selanjutnya merugikan akademisinya, tetapi semangatnya untuk permainan membuatnya fokus.

Pada Mei tahun 2010, pada usia 18 tahun, ia akhirnya diterima di tim senior klubnya. Pada awalnya, Salah banyak dimainkan sebagai pemain pengganti tetapi akhirnya, ketika permainannya membaik, ia menjadi pemain depan reguler dalam tim. Sekitar tahun 2012, 'Premier League Mesir' menghadapi penutupan dan nasib banyak pemainnya menjadi tidak pasti.

Karir M. Salah

Ketika 'Bencana Stadium Port Said' mengancam keberadaan 'Liga Utama Mesir', klub Swiss 'Basel' menawarinya kontrak. Pada April 2012, ia menandatangani kontrak empat tahun dengan Basel. Dia membuat debut ‘UEFA Championship League’ di tahun yang sama dan di ‘Europa League’, dan mencetak gol di banyak kesempatan penting untuk membantu timnya mencapai semifinal, di mana mereka akhirnya kalah.

Dia  memainkan peran penting dalam kemenangan “Swiss Super League Championship” pada tahun 2012-2013, dan penampilan yang luar biasa di Piala Swiss, di mana mereka menjadi runner up. Pada awal musim berikutnya, Salah adalah bagian dari skuad Basel yang memenangkan 'Uhren Cup.'

Dia tampil sangat baik melawan Chelsea dalam dua pertandingan dalam beberapa minggu, yang membuat klub tertarik padanya. Pada Januari 2014, ia bergabung dengan Chelsea.

Pada Februari 2014, Salah melakukan debut untuk Chelsea di 'Premier League' melawan 'Newcastle United' dan mencetak gol pertamanya melawan Arsenal pada bulan Maret. Sebelum awal musim 2014-2015, dilaporkan bahwa Salah bisa kembali ke Mesir untuk menyelesaikan pelatihan wajib militer, tetapi ternyata, Salah telah bertemu dengan Perdana Menteri Mesir dan membuat dirinya dikecualikan.

Pada Februari 2015, Chelsea meminjamkannya ke klub Italia 'Fiorentina,' yang berlaku hingga akhir musim 2015-2016. Pada tanggal 14 Februari, dia melakukan debut untuk klub, dan di akhir musim, Salah menunjukkan keengganannya untuk bergabung dengan 'Fiorentina' kembali. Dia tertarik untuk bergabung dengan tim Serie A lainnya 'A.S. Roma sebagai gantinya.

Pada Agustus 2015, dia ditransfer ke ‘Roma’ dengan status pinjaman. Pada September 2015, ‘Fiorentina,’ tersinggung dengan pelanggaran kontrak Chelsea, mengajukan kasus, tetapi kemudian diselesaikan dan Salah tetap bersama ‘Roma.’

Pada akhir musim pertamanya untuk 'Roma,' Salah muncul sebagai 'Pemain Terbaik' Musim Ini dan juga pencetak gol terbanyak dengan 15 gol. Pada tahun 2016, manajemen Roma mendekati dia untuk kesepakatan permanen dan dia setuju untuk itu. Meskipun telah menandatangani kontrak jangka panjang dengan ‘Roma,’ Salah tidak dapat menolak tawaran oleh ‘Liverpool’ pada tahun 2017.

Pada Juni tahun 2017, Salah menyetujui kontrak jangka panjang dengan Liverpool sebesar 50 juta Pound, yang merupakan rekor klub. Dia, dengan demikian, menjadi pemain Mesir pertama dan mencetak gol dalam pertandingan debutnya melawan 'Watford.' Dia dinobatkan sebagai 'Player of the Month' untuk bulan Agustus oleh fans Liverpool.

Dalam salah satu pertandingannya melawan 'Watford,' dia mencetak 4 gol untuk mengamankan kemenangan 5-0 untuk timnya. Ini adalah hat-trick pertamanya untuk 'Liverpool' dan pada akhir musim, ia muncul sebagai pencetak gol terkemuka dengan 36 gol.

Dia telah mewakili tim junior Mesir di tim U-20 dan U-23 dalam 11 pertandingan, termasuk Piala Dunia FIFA 2011 'U-20' dan Olimpiade Musim Panas 2012. 'Dia akhirnya menjadi bagian dari tim nasional Mesir dan bermain dengan tim di kualifikasi Piala Dunia 2014, di mana dia mencetak gol di hampir semua pertandingan untuk membawa timnya ke tahap akhir.

Pada 2017 ‘Piala Afrika,’ ia menjadi salah satu pencetak gol terbanyak dan membantu timnya ke putaran final. Dia juga mendapatkan tempat di 'Tim CAF dari Turnamen.' Selama 2018 'Kualifikasi Piala Dunia FIFA,' dia adalah pencetak gol terbanyak untuk timnya dengan lima gol.
Advertisemen

Related Posts

Baca Tulisan Lainnya ini