Sejarah Islam Di Dunia Lengkap - Pra Islam Sampai Abad Modern

Advertisemen
Sejarah Islam - Melintasi waktu 14 abad di muka bumi meninggalkan cerita dan jejak peradaban yang telah ikut merubah peradaban manusia. Memberi secercah cahaya dan meninggikan manusia karena ilmu.

Sejarah Islam - dipelajari oleh umat Islam untuk menemukan kembali peradaban dulu, yang kini runtuh akibat perpecahan selama seribu tahun. Mempelajarinya membuat kita mengerti dan memahami apa yang membuatnya naik dan apa yang membuatnya turun.

Sejarah Islam - Tidak lepas dari sejarah-sejarah peradaban lainnya yang saling berkait kelindan, bersentuhan dan sering kali berbenturan.

Inilah sejarah Islam yang telah kami coba posting kan di blog ini dengan segala kekurangannya, karena tulisan yang ada ini ada yang dari sumber buku dan banyak juga yang berasal dari sumber blog lain.

sejarah islam di dunia

Ringkasan Sejarah Peradaban Islam dari Pra Islam sampai Abad modern

Secara umum, kami ingin menggambarkan bagaimana alur sejarah Islam dari masa ke masa yang berawal dari Mekah dari seorang Rasul Muhammad SAW yang menyebar dan membesar dan terus berkembang - terjadi pertarungan antara positif dan negatif - berkembang menuju puncak dan terjatuh- bangkit - yang terus berulang.

Ilmuwan Besar Muslim Yang Terkenal di Eropa

Keberhasilan Eropa menuju era Industri, tidak terlepas dari perkembangan Ilmu Pengetahuan di Dunia Islam (khususnya lagi Andalusia, Spanyol). Hal ini dapat terlihat dari beberapa Ilmuwan muslim yang namanya tersohor di Eropa, beberapa diantaranya yang memiliki nama besar di bidang ilmu Pengetahuan

Jasa Terkenang Peradaban Islam Kepada Dunia Modern

Science adalah jasa terkenang peradaban Arab kepada dunia modern; namun buahnya lambat masak. Agak lama sesudah kebudayaan Mur tenggelam ke dasar kegelapan, baruah si raksasa yang dilahirkannya itu bangkit menjulang. Bukan science saja yang membuat Eropa hidup kmbali.

Sejarah Penting Perpustakaan dan Kebangkitan Umat

Kebangkitan dan kejayaan Islam masa lalu tidak lepas dari tradisi pelembagaan perpustakaan. Banyaknya perpustakaan masjid yang dibangun pada masa awal Islam adalah bukti yang jelas pentingnya peran perpustakaan masjid bagi Umat Islam. 

Hubungan Islam dan Abad Pencerahan Eropa

Eropa di sebut-sebut sebagai abad kegelapan adalah pada sekitar abad 5-10 Masehi. Alasan pokok menyebutnya sebagai abad kegelapan adalah karena begitu sedikitnya dokumentasi yang dapat memberitahukan kepada kita tentang suasana abad itu(bisa dikatakan pada saat itu begitu kosongnya tradisi ilmiah sampai-sampai hanya segelintir manusia yang mau menulis), namun sejak mulai abad 11 barulah mulai mengalami kebangkitan.

Sejarah Lengkap Perjuangan dan Kehidupan Rasulullah saw

Sejarah Islam yang ditulis di masa lalu sudah tak terhitung jumlahnya. dan ini akan terus berlanjut di masamasa mendatang. Di zaman kita dewasa ini, terjadi kemajuan Islam yang terbilang spektakuler dalam bidang dakwah. Ini dapat dilihat dari fenomena kebangkitan kembali bangsa-bangsa muslim.

Dinamika Perkembangan Islam

Sejarah perkembangan Islam, termasuk di dalamnya norma,doktrin, dan peradaban masyarakatnya, sesungguhnya tidakberkembang secara “mandiri”, linier dan normative, melainkanberliku dan tidak lepas dari kondisi social politik yang mengintarinya.Karena itu, pembacaan kita terhadap Islam tidak dapat dilepaskandari konteks ini, meski tampaknya berisi doktrin, ajaran atau lainnyayang bersifat normative. Tulisan singkat ini akan mendiskusikanrealitas dinamika perkembangan Islam yang tidak lepas dari konteks tersebut.

Mengenal Piagam Madinah

Segera setelah Muhammad SAW tiba di Madinah pada 622, beliau membuat perjanjian antara orang-orang Muhajirin (orang Islam Mekkah yang ikut hijrah bersama Nabi), Ansar (penduduk Muslim di Madinah), dan orang-orang Yahudi. Perjanjian inilah yang kemudian disebut dengan Konstitusi atau Piagam Madinah.

Jalur waktu dan Cara Islam Masuk Nusantara

Sejak zaman kuno wilayah nusantara barat dan sekitar malaka telah menarik perhatian banyak pedagang dan menjadi lintasan penting antar Cina dan India. Pelabuhan-lelabuhan penting di jawa dan sumatra antara abad ke-1 sampai ke-7 M sering disinggahi para pedagang Asing, seperti Lamuri(Aceh), Barus dan Palembang di Sumatera, Sunda Kelapa dan Gresik di Jawa.

Kitab Abad 10 M Yang Membahas Masalah Revolusi Hijau

Revolusi hijau adalah sebuah istilah yang menjelaskan tentang revolusi dalam bidang pertanian yang memakai teknik-teknik tertentu guna mencukupi kehidupan pangan manusia. Selama ini sejarah lebih cenderung melihat kemunculannya dari negara-negara Barat yang muncul pada sekitar abad 18 M. Padahal jika menilik 10 abad yang lalu telah ada kitab karya timur tengah yang membahas teknik-teknik pertanian.
Advertisemen

Related Posts

Baca Tulisan Lainnya ini