Fisika Gaya Elastis Benda

Advertisemen

Tentang Elastisitas Benda

Gaya membuat sesuatu menjadi bergerak, namun gaya juga dapat meregangkan sesuatu, atau memampatkannya dan merubah bentuknya. Sebuah bola karet berubah bentuknya saat kamu menggunakan gaya untuk menggencetnya, namun bola akan kembali ke bentuk semula ketika tidak lagi digencet.

Material-material (bahan/benda) yang dapat berlaku seperti itu memiliki elastisitas. Material seperti itu terbentuk dari partikel-partikel yang dapat meregang susunannya. Bahan atau material lainnya seperti, lempung-modeling, dapat berubah bentuknya dengan mudah saat sebuah gaya diberlakukan, namun tidak dapat kembali ke bentuk semual setelah gaya tidak lagi diterapkan. Material seperi ini memiliki Plastisitas.

Dan Dia telah menundukkan untukmu apa yang di langit dan apa yang di bumi semuanya, (sebagai rahmat) daripada-Nya. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi kaum yang berfikir.
(Q.S. Al Jatsiyah[45]: 13)

Trampolin

Sebuah trampolin terbuat dari karet yang lentur yang diikat dengan frame metal berupa cincin. Saat kamu meloncat diatasnya, maka karet dan cincin akan meregang karena keduanya elastis. Saat trampolin kembali kebentuk semula, maka akan mendorong kamu balik dan melempar kamu ke udara.

Plastisitas

Material memiliki sifat plastis ketika material tersebut mudah dicetak menjadi bentuk lain dan tidak kembali ke bentuk semula saat gaya untuk mencetak dihilangkan. Ketikak kita berbicara tentang plastik, biasanya kita berpikir tentang benda berwarna yang terbuat dari bahan kimia hasil dari minyak bumi. Faktanya, Plastik digunakan untuk berbagai benda yang dapat dibuat dengan mudah dengan mencetaknya ke berbagai bentuk. Bahkan, besi pun dapat seperti plastik, jika dipanaskan, besi akan melumer dan dapat dibentuk.

Advertisemen

Related Posts

Baca Tulisan Lainnya ini