Cara Membuat MicroChip

Advertisemen

Apa itu Microchip

Microchip adalah semikonduktor kecil yang digunakan untuk menyampaikan informasi melalui sifat tertentu listrik. Dalam beberapa kasus, kata-kata microchip dan rangkaian terpadu dapat bergantian. Microchip ini berada di jantung alat elektronik yang banyak dikenal saat ini, termasuk komputer, ponsel dan bahkan oven microwave.

Microchip pertama kali ditemukan oleh Robert Noyce dan Jack Kilby pada tahun 1958. Walaupun keduanya bekerja untuk perusahaan yang berbeda dan datang pada penemuan dari sudut yang sedikit berbeda, kedua perusahaan memutuskan memiliki bagian dari keseluruhan jawaban dan memutuskan untuk menyeberang lisensi penemuan mereka untuk menindaklanjuti sebuah teknologi yang akan merevolusi industri elektronik . microchip itu, setelah dipertunjukan pada tahun 1958, pertama kali tersedia secara komersial pada tahun 1961.

Teknologi ini kuno, dibandingkan dengan standar saat ini. Microchip pertama terdiri satu transistor, tiga resistor dan satu kapasitor. microchip Hari ini umumnya menyimpan lebih dari 125 juta transistor dalam sebuah ruang yang lebih kecil dari satu keping uang AS.

Pengembangan microchip kecil telah menyebabkan banyak manfaat lain. Saat ini, penggunaan microchip tidak hanya dimasukkan ke dalam alat elektronik. Microchip juga dimasukkan ke dalam organisme biologis.

Langkah Pembuatan Microchip


  • Microchip dibuat dalam susunan/lapisan (wafer) yang terdiri dari silikon murni 99,9%. silikon ini terbuat dari pasir pantai biasa.
  • Chip dibuat dalam lingkungan yang sangat bersih- udaranya1000 kali lebih murni daripada rumah sakit.
  • Lapisan-lapisan silikon diproduksi oleh perusahaan spesialis dan dikirim ke produsen chip untuk diproses.
  • Susunan Silicon terdiri dari 4 lapisan. Sebuah mask yang dibuat selama tahap desain mendefinisikan pola sirkuit.
  • Sebuah topeng ditempatkan di atas wafer, di bawah sinar UV. Pola berulang kali diproyeksikan pada wafer, lampu hanya dapat mencapai wafer melalui bukaan.
  • Lampu UV bereaksi dengan photoresist untuk menciptakan pola sirkuit.
  • Impurities kemudian ditanamkan ke area wafer untuk mengubah sifat listrik bagian tertentu. Ini disebut doping.
  • kontak listrik dibentuk dengan masking dan etching wafer untuk menyediakan link antara lapisan yang berbeda.
  • Beberapa lapisan logam diterapkan untuk membentuk sambungan listrik antara lapisan chip itu.
  • Chip akhir ditempatkan di sebuah casing pelindung yang berisi kawat untuk menghubungkannya dengan papan sirkuit komputer.


Video-video berikut ini menunjukan bagaimana microchip modern dibuat dan digunakan dalam perangkat elektronik.








Ref: Youtube, ehow, wisegeek.
Advertisemen

Related Posts

Baca Tulisan Lainnya ini