Apa itu Gas | Teori Kimia

Advertisemen
"35. Faathir
9. Dan Allah, Dialah Yang mengirimkan angin; lalu angin itu menggerakkan awan, maka Kami halau awan itu kesuatu negeri yang mati lalu Kami hidupkan bumi setelah matinya dengan hujan itu. Demikianlah kebangkitan itu.
"

Apa sih Gas itu

Gas berada di sekitar kita, tetapi meskipun banyak, seperti parfum, yang dapat tercium, kebanyakan gas tidak terlihat. Seperti cairan, gas dapat mengalir, tetapi tidak sama dengan benda padat atau cair, gas tidak tinggal dimana gas diletakan. Gas tidak memiliki bentuk atau volume, dan gas menyebar ke segala arah untuk mengisi seluruh ruang yang ditempatinya. Jika tempatnya tidak ada tutupnya, gas akan meloloskan diri (keluar) dari tempatnya itu.

Partikel gas bergerak pada kecepatan sekitar 1.600km/jam. Partikel-partikelnya meluas sesuai ruangnya dan dapat bergerak dengan bebas ke segala arah. Gas dapat menyebar untuk mengisi selurug ruang yang ditempatinya. Ketika partikel-partikel gas bebenturan, gaya antar partikelnya tidak cukup kuat untuk menjaga tetap bersama, sehingga akan saling terpental.

Embun adalah gas yang menguap dari cairan sebelum cairan itu mencapai titik didihnya. Air, misalnya, menguap ke bentuk gas pada suhu 100 derejat celcius (212 derajat Fahrenheit).

EKSPANSI/menyebar

Dalam Balon Udara, pembakaran memanaskan udara di dalamnya. Hal ini menyebabkan partikel-partikel udara mencapai energi lebih, sehingga partikel bergerak lebih cepat dan selanjutnya bergerak dari satu tempat ke tempat lain, mendorong pada bagian samping balon. Panas selalu menyebabkan gas menyebar (ekspan). Jika kamu meninggalkan balon didekat api, udara yang ada di dalamnya dapat meluas terlalu lebar sehingga balon dapat meletus.

Gas dapat dengan mudah diulur maupun ditekan. Ketika kamu mendorong pompa sepeda, kamu menghimpit udara yang ada di dalamnya menjadi ruang yang kecil.

TEKANAN

Pernahkah kamu membuka botol coca-cola atau sprite setelah sebelumnya kamu kocok? Mengocok minuman botol bersoda selum dibuka akan menyebakan botol meletup saat dibuka. Minuman soda yang berada di dalam botol mengandung banyak gelembung gas kecil. Mengocok botol tersebut akan melepaskan gas, partikel gas dengan kecepatan tinggi membentuk tutup botol. Hal ini akan menimbulkan tekanan yang sangat besar pada tutup botol, sehingga saat botol dibuka minuman yang ada di dalamnya akan terdorong dengan kuat dan menyembur.

Advertisemen

Related Posts

Baca Tulisan Lainnya ini