Ap itu Benda Cair | Teori Kimia

Advertisemen
"39. Az Zumar
21. Apakah kamu tidak memperhatikan, bahwa sesungguhnya Allah menurunkan air dari langit, maka diaturnya menjadi sumber-sumber air di bumi kemudian ditumbuhkan-Nya dengan air itu tanam-tanaman yang bermacam-macam warnanya, lalu menjadi kering lalu kamu melihatnya kekuning-kuningan, kemudian dijadikan-Nya hancur berderai-derai. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat pelajaran bagi orang-orang yang mempunyai akal.
"

Benda Cair

Sebagaimana air yang mengalir di sungai, air selalu berubah bentuknya mengikuti ruang yang ada. Hal ini dikarenakan air adalah benda cair, dan benda cair mengalir dan tidak memiliki bentuk yang tetap. Bahkan, benda cair akan membentuk sesuai dengan ruang yang ditempatinya. Jika kamu menuangkan benda cair dari gelas ke piring, volume cairan akan tetap, tetapi bentuknya berubah.

Cairan yang mengalir cepat, seperti air terjun, memiliki banyak energi. Kekuatan dari aliran air dapat digunakan untuk memutar roda untuk menggerakan mesin dan juga membentuk listrik. Benda cair yang bergerak cepat seperti gelombang air pasang dapat merusak.

Gaya yang bekerja diantara partikel-partikel cairan lebih lemah dari pada gaya yang bekerja pada partikel-partikel benda padat. Karena partikel-partikel air dapat mudah bergerak, cairan dapat mengalir dan mengambil bentuk sesuai tempatnya.

Beberapa serangga, dapat berjalan diatas air tanpa tenggelam. Hal ini akibat gaya yang bekerja diantara partikel air menarik partikel-partikel yang ada dipermukaan secara bersama-sama. Hal ini menimbulkan suatu tegangan yang disebut tegangan permukaan.

KOHESI

Merkuri adalah sebuah logam cair yang sangat beracun. Ketika merkuri jatuh ke sebuah permukaan, maka akan mengulung menjadi bola-bola kecil. Hal ini disebabkan gaya antara partikel-pertikel merkuri sangat kuat, sehingga partikel-partikelnya menggumpal. Gaya yang bekerja antar partikel sejenis ini disebut dengan kohesi. Partikel air tidak memiliki kohesi yang kuat sehingga akan melumer di permukaan.

Viskositas (kekentalan)

Suatu ukuran bagaimana cepat atau lambatnya sebuah cairan dapat mengalir adalah viskositas. Minyak mentah, contohnya, adalah cairan yang tidak dapat mengalir dengan mudah. Hal ini dikatakan memiliki viskositas yang tinggi. Memanaskan minyak mentah akan menurunkan viskositasnya dan membuatnya dapat mengalir lebih mudah melalui pipa. Cairan lainnya, seperti air, dapat mengalir dengan mudah tanpa dipanaskan. air memiliki viskositas yang rendah.

VOLUME

Meskipun bentuknya sangat berbeda, dua cairan dapat memiliki volume yang sama. Volume dari suatu cairan adalah jumlah dari ruang yang ditempatinya. Meskipun cairan berubah bentuknya saat dipindahkan dari satu tempat ke tempat lainnya, namun volume nya tetap. Karena alasan inilah, maka cairan diukur berdasarkan volume nya, dengan ukuran liter atau galon.

Advertisemen

Related Posts

Baca Tulisan Lainnya ini