Pelajaran Fisika: Gaya

Advertisemen

Apa itu Gaya

Dari perputaran planet-planet sampai energi yang dihasilkan di dalam atom, segala sesuatu yang terjadi di alam disebabkan karena gaya. Sebuah gaya baik dorongan atau tarikan dapat membuat sebuah objek bergerak atau berputar. Semakin besar gaya, semakin banyak gerakan yang dihasilkan. Ketika dua gaya atau lebih berkerja bersama-sama pada sebuah objek, maka efeknya dikombinasikan. Terkadang gaya-gaya ditambahkan bersama-sama untuk membuat gaya yang besar, dan kadang gaya-gaya itu meniadakan satu sama lain.



67. Al Mulk
3. Yang telah menciptakan tujuh langit berlapis-lapis. Kamu sekali-kali tidak melihat pada ciptaan Tuhan Yang Maha Pemurah sesuatu yang tidak seimbang. Maka lihatlah berulang-ulang, adakah kamu lihat sesuatu yang tidak seimbang?



Newtons

Gaya diukur dengan satuan yang disebut newtons (N), nama seorang dari Ilmuwan Alam asal inggris Sir Isaac Newton. Ukuran gaya dapat diukur dengan menggunakan sebuah alat yang disebut forcemeter atau newtonmeter. Saat beban menarik pada kait, beban mengulur pegas memperlihatkan ukuran skala. Di bumi, gaya gravitasi dalam 1kg adalah 9,8 Newtons.

Gaya Putar

Jika sebuah objek terletak pada sebuah titik dan dapat berotasi disekelilingnya, titik ini disebut titik pusat (pivot). Jika sebuah gaya bekerja pada objek, objek itu berputar disekelilig pivot. Gaya yang berputar disebut gaya putar dan efek yang dihasilkan disebut momen. Semakin besar gaya semakin besar momen. Momen akan bertambah jika gaya bekerja pada jarak yang jauh dari pivotnya.

Pertambahan Momen

Lebih mudah membuka kacang pologn dengan penjepit (semisal tang) daripada dengan jari, karena pegangan penjepit menambah/memperkuat efek putar atau momen gaya. Besarnya momen sebanding dengan gaya yang digunakan dikalikan jarak pivot dari titik gaya yang bekerja. Jika kamu menggunakan dua penjepit yang sama panjang, kamu akan menggandakan momen, dan kacang akan dua kali lebih mudah dibuka.

Kombinasi Gaya

Saat gaya bekerja pada arah yang sama, kombinasinya membuat gaya lebih besar. Sebaliknya jika gaya-gaya bekerja pada arah berlawanan, gaya akan saling meniadakan. Jika gaya yang berlawanan tersebut seimbang,objek tidak bergerak, tetapi akan berubah bentuknya. Jika gaya-gaya berkombinasi untuk memperbesar gaya pada satu arah, objek akan bergerak pada arah itu.


Penopang Sebuah Jembatan

Sebuah Jembatan Gantung harus memiliki penopang berat dari geladaknya, ditambah berat kendaraan yang melewatinya. Geladak jembatan digantung dengan kabel baja raksasa yang bergantung pada tiang raksasa. Kabel dan tiang disusun sehingga tidak ada gaya pada berbagai arah. Sebuah jembatan dapat berdiri karena gaya-agay yang bekerja diseimbangkan dan saling meniadakan.

Advertisemen

Related Posts

Baca Tulisan Lainnya ini