Nasehat Rasulullah Kepada Seorang Anak Muda

Advertisemen
Berikut ini adalah sebuah terjemah hadits Rasul tentang nasehat beliau kepada seorang ABG.

"Hai anak muda, sesungguhnya aku akan mengajarkan kepadamu beberapa pesan berikut: peliharalah Allah, niscaya Dia akan memeliharamu; peliharalah Allah, nisacaya engkau akan menjumpai-Nya di hadapanmu; kenalilah Allah saat senang, nisacaya Dia akan mengenalimu saat kamu susah; apabila kamu meminta, mintalah kepada Allah; dan apabila kamu meminta pertolongan, mintalah kepada Allah.

Ketahuilah, bahwa seandainya suatu umat sepakat untuk memberi manfaat kepadamu dengan sesuatu, mereka tidak dapat memberi manfaat kepadamu, kecuali dengan sesuatu yang telah ditakdirkan oleh Allah atas dirimu. Seandainya mereka sepakat untuk menimpakan bahaya keapdamu, niscaya mereka tidak dapat menimpakan bahaya kepadamu, kecuali dengan sesuatu yang ditakdirkan oleh Allah atas dirimu. Qalam telah diangkat dan lembaran telah kering."

Ini adalah pesan Rasulullah kepada Ibnu Abbas yang saat itu menjelang usia remaja dan belum memahami apa yang akan dilakukan oleh Allah terhadap dirinya. Ini adalah sebuah hadis riwayat Tirmidzi dengan predikat hasan.

(sumber: Cambuk hati ['Aidh bin Abdullah Al-Qarni] )
Advertisemen

Related Posts

Baca Tulisan Lainnya ini