Tips: Kunci Sukes UAN (Ujian Akhir Nasional)

Advertisemen
Untuk para adik yang akan menghadapi UAN beberapa bulan ke depan, jangan pernah takut menghadapinya. Dua hal utama yang mesti dilakukan untuk sukses dalam suatu ujian adalah Usaha dan Doa. Kedua hal ini harus terus menerus dilakukan. Semua yang ada di alam semesta ini tunduk dan patuh kepada Allah SWT. Jika Allah SWT menghendaki sesuatu maka pasti terjadilah sesuatu itu. Sehingga doa adalah bagian pelengkap dalam menghadapi ujian.

Doa kepada Allah menunjukan bahwa orang itu yakin bahwa hanya Dia lah yang bisa memberi pertolongan. Allah SWT sangat senang jika diminta. Bahkan Allah memerintahkan kepada hambaNya untuk berdoa, "berdoalah kepada-Ku niscaya Aku Kabulkan" dengan syarat menjauhi laranganNya dan menjalankan perintahNya.

Ada beberapa waktu ijabah untuk berdoa yaitu, setelah selesai shalat fardhu, waktu diantara adzan dan iqomat, doanya orang yang sedang berpuasa dan yang paling bagus adalah sewaktu sepertiga malam. Hal yang penting adalah saat berdoa jangan pernah lalai, lebih baik berdoa dengan bahasa yang dipahami. Berdoalah meminta agar diberikan kemudahan untuk belajar dan supaya diberi takdir yang terbaik. Sebelum berdoa mulailah dengan memuji Asma Allah dilanjutkan dengan bershalawat kepada Rasulullah SAW kemudian dilanjutkan dengan permohonan(doa).

Usaha yang perlu ditempuh oleh seorang pelajar untuk sukses ujian adalah dengan belajar. Intinya adalah fokuskan pada bab tertentu yang dianggap paling mudah baru berpindah ke bab lain yang lebih sulit. Jangan paksakan untuk menguasai semua materi pelajaran(paling tidak harus menguasai 60% materi agar bisa lulus) Fokuskan pada bab tertentu sehingga benar-benar bisa atau memahaminya. Buat rencana/jadwal untuk belajar. Gunakan waktu yang tinggal 1 atau dua bulan ini untuk fokus mengulang materi dan latihan soal-soal ujian, terutama mata pelajaran yang yang menjadi penentu kelulusan. Ingat jangan memaksa untuk menguasai seluruh materi, pilih saja bab-bab yang dirasa mudah untuk dipelajari.

Tips untuk belajar:

1. Selalu berdoa sebelum memulai belajar (Rabbi zidni 'ilma warzukni fahma: Ya Allah tambahkanlah kepadaku ilmu dan berilah aku pemahaman).

2. Usahakan belajar dalam keadaan suci.

3. Jika telah merasa lelah, istirahatkan dulu pikiran. Gunakan waktu istirahat ini untuk berzikir (subhanallah walhamdulillah waAllahu Akbar ) atau membaca Alquran.

"Gunakan waktu yang tersisa dengan sebaik-baiknya JANGAN PERNAH MENYERAH" Malas adalah musuh utama.

Wallahu A'lamu Bisshawab

MATERI DAN SOAL MATEMATIKA SMU DAN FISIKA SMU
Advertisemen

Related Posts

Baca Tulisan Lainnya ini