Inilah Pengaruh Besar Peradaban Islam terhadap Eropa

Advertisemen
Banyak diantara umat Islam sendiri begitu terkagum-kagum dengan peradaban Eropa dan Amerika. Sayang mereka belum tahu kebenaran sejarah yang melahirkan peradaban Eropa itu sendiri. Entah sebenarnya ada apa sehingga dunia Eropa seakan menutupi kebenaran sejarah itu.

Kebenaran sejarah itu seharusnya dipahami oleh semua Umat Islam sehingga akhirnya nampaklah kebenaran Islam itu sendiri dan munculah kebanggaan sebagai umat Islam. Dan nampaklah bukti bahwa Islam adalah rahmat bagi semesta Alam.

Kebenaran itu adalah bahwa Peradaban Islam telah mengaruniai cahaya kepada Eropa, yaitu tidak hanya sekedar ilmu pengetahuan tetapi adalah semangat untuk hidup.

Keterpengaruhan Eropa pada peradaban Islam bersifat menyeluruh. Reformasi gereja, pembangkangan terhadap kaum feodal yang zalim, sistem pendidikan, sastra , arsitektur adalah akibat terpengaruhnya pada peradaban Islam.

Bahkan menurut M.Qutb, Toga dalam wisuda itu adalah meniru dari kopiah yang digunakan oleh pelajar yang telah lulus dari Universitas Islam.

Muhammad Qutb menjelaskan:
" Dan akan ditemukan pula bahwa banyak penulis yang menduga bahwa jasa umat Islam tidak lebih dari sekedar menjaga warisan Greek yang telah dilupakan dan disia-siakan oleh Eropa pada Abad-abad pertenangahan yang kelabu. Tapi setelah bangkit warisan tersebut mereka rebut kembali dari tangan Umat Islam.

Pengkaji sejarah Islam harus tahu bahwa permasalahannya bukanlah demikian. Yang diambil Eropa dari tangan Umat Islam bukanlah warisan Greek yang telah kehilangan pengaruh sejak lama dalam kehidupan Eropa itu sendiri, tetapi peradaban yang dinamis dan sempurna yang diciptakan dan diilhami ajaran Islam, walaupun umat Islam mempergunakan alat dari sana-sini. Yang terpenting yang diambil Eropa dari pergaulannya dengan umat Islam adalah semangat untuk hidup yang dibentangkan oelh peradaban dan ilmu Islam. Dan keterpengaruhan Eroap pada peradaban Islam bersifat menyeluruh. Hampir tidak ada satu sisipun dari berbagai sisi kehidupan Eropa yang tidak terpengaruh oleh peradaban Islam." (hlm. 251)

Advertisemen

Related Posts

Baca Tulisan Lainnya ini