Translate To Your Language

Cara Membuat Animasi Bergerak Sederhana Sampai Kompleks

Diposkan oleh Islam Wiki

Cara Membuat Animasi Sederhana

Cara membuat animasi memiliki standar baku, namun jika tujuannya hanya untuk personal, bisa dibuat dengan banyak cara yang penting hasil akhirnya berupa gambar bergerak. Cara membuat animasi bisa sederhana sampai kompleks. Contoh animasi sederhana, seperti animasi gif avatar yang sering kita lihat diberbagai situs-situs forum. Biasanya avatar animasi dibuat dengan gif animating maker yang banyak macamnya. Anda hanya tinggal menyiapkan beberapa gambar lalu menggabungkannya hingga terbentuklah serangkaian gerakan akibat perubahaan tampilan gambar dari satu ke lainnya.

Cara membuat animasi pada dasarnya adalah sederhana. Misalnya Anda ingin membuat sebuah animasi bola bergerak dari kiri ke kanan, maka siapkan beberapa gambar dengan posisi yang berbeda-beda. Gambar pertama posisi bola berada di ujung kiri, gambar kedua posisi bola di tengah dan gambar ketiga, bola berada di ujung gambar. Gabungkan ketiga gambar dengan software gif animating maker, maka akan terbentuk sebuah bola bergerak dari kiri ke kanan.  Namun dengan hanya tiga gambar, hasilnya bola akan bergerak begitu cepat. Sebaliknya jika gambar semakin banyak, maka hasilnya akan semakin lambat. 

Itu adalah gambaran membuat animasi secara sederhana. Perlu dipahami pula, dalam membuat animasi ada yang namanya fps (frame per second). Fps adalah suatu ukuran seberapa banyak gambar diputar dalam satu detik. Standar fps dari animasi adalah 12 fps yang artinya dalam satu detik diperlukan gambar sebanyak 12. Dengan 12 fps ini, hasil gerakan animasi akan terlihat cukup halus.

Baca Juga: Gambar Animasi Bertema Islam

Cara Membuat Animasi Kompleks

Cara membuat animasi sekelas animator adalah animasi kompleks. Animator tidak sekedar membuat gambar bergerak dari kiri ke kanan atau memutar. Animasi kompleks melibatkan berbagai pemahaman tentang prinsip-prinsip dasar animasi yang harus dikuasai oleh animator. Misalnya saja gerakan orang berjalan, tidak sekedar membuat sederat gambar orang yang dirubah posisinya dari posisi satu ke posisi yang lain. Perlu membuat gambar yang kompleks, gambar yang berbeda antara yang satu dengan yang lainnya. Perlu dibuat gambar gerakan yang selaras antara tubuh, kaki dan tangan. 

Perlu diperhitungkan pula keselarasan antara waktu dan posisi orang yang sedang berjalan. Dalam satu detik berapa langkah? Tentu beda antara orang yang sedang berjalan dalam keadaan gembira dengan orang yang sedang sedih atau putus asa. Itu baru cara membuat animasi kompleks dalam tahap animating saja. Dalam pembuatan film animasi, diperlukan lebih dari satu tahapan mulai dari ide cerita berlanjut ke storyboard lalu dibuatlah karakter animasinya. selanjutnya animator memulai menganimasikan karakter. Tahapan akhinya adalah finishing dengan memasukan suaranya. Pokoknya dalam membuat animasi kompleks dibutuhkan dana yang cukup besar dan waktu yang tidak sebentar.

Alat Membuat Animasi

Untuk membuat animasi sederhana seperti gif animasi hanya perlu sebuah software seperti Easy Gif Animator. Dengan software ini kita perlu menyiapkan beberapa gambar, sebagaimana dijelaskan sebelumnya. Kita hanya perlu memahami tools dan settingnya saja. Sementara itu software yang diperlukan untuk membuat gambar bisa menggunakan photoshop, corel atau software grafis lainnya. 

Sedangkan untuk membuat animasi kompleks dibutuhkan banyak alat baik software maupun hardware. Mulai dari software 3d animation untuk membuat animasi 3d. Sedangkan untuk animasi 2d bisa menggunakan adobe flash, meskipun banyak software lainnya. Diperlukan juga alat scanning, perekam suara, video editing  dan mesin rendering.