Belajar Bahasa Arab Dengan Film Animasi

Diposkan oleh Islam Wiki
Kelebihan dari multimedia yang berbentuk film adalah penggabungan antara teks, gambar dan suara. Dengan bantuan film, pembelajaran lebih menarik dan lebih mudah. Pembelajaran bahasa arab dengan film animasi dapat mempermudah anak-anak untuk memahami bahasa arab dengan cara menyenangkan. Bahkan sebenarnya, cara tersebut dapat juga digunakan untuk pembelajaran bagi orang dewasa yang masih awam berbahasa arab. Film animasi khusus pembelajaran bahasa Arab biasanya lebih mudah dan simpel untuk dipahami, sehingga bagi orang dewasa akan lebih mudah lagi.

Menurut seorang guru bahasa Inggris dari USA, mengatakan bahwa untuk belajar menguasai bahasa, langkah pertama yang harus dilakukan adalah mendengarkan. Alasannya, sebagaimana setiap orang dapat berbicara dengan bahasa ibunya. Bayi belajar bahasa dengan cara mendengarkan kemudian belajar mengucapkan walaupun masih terbata-bata. Setelah menguasai bahasa keseharian , barulah mulai untuk belajar tata bahasa. Metode ini menurutnya telah teruji dapat dengan cepat meningkatkan pemahaman seseorang belajar bahasa Inggris. Mungkin metode ini dapat juga diterapkan untuk belajar bahasa lainnya, termasuk bahasa Arab. Namun karena keterbatasan kebanyakan orang untuk dapat langsung mendengarkan ucapan bahasa Arab langsung dari orang Arab, maka berbagai bentuk video berbahasa Arab di Internet dapat dijadikan sarana penggantinya.

Bagi pemula tentu masih awam dengan kata-kata Arab, sehingga video yang cocok untuk belajar bahasa Arab adalah video yang digunakan oleh anak-anak. Karena pada dasarnya tingkatan si awam dengan anak-anak sama-sama belum paham berbahasa Arab. Saat ini cara termudah untuk mendapatkan video-video animasi untuk pembelajaran bahasa Arab, adalah melalui youtube. Salah satu kanal pembelajaran bahasa Arab yang disarankan beralamat di http://www.youtube.com/user/SyrajArabicBooks , Silahkan coba browsing url tersebut. Video-video yang ditayangkan melalui kanal tersebut meliputi warna, angka, nomor, huruf, anggota badan dan masih banyak lagi.