Pelajaran Tentang Energi Fisika

Advertisemen
Ilmuwan mendefinisikan energi sebagai kemampuan untuk melakukan kerja. Energi membuat sesuatu terjadi. Energi cahaya matahari membuat tumbuhan dapat tumbuh, energi di dalam makanan membuat kita dapat bergerak dan membantu kita tetap hangat, dan energi dalam bahan bakar menghidupkan mesin. Energi datang dari berbagai bentuk dan dapat dikonversi dari bentuk satu ke bentuk lainnya. Jenis utama dari energi yaitu, Energi potensial, energi kinetik dan energi kimia.

Dan ia membuat perumpamaan bagi Kami; dan dia lupa kepada kejadiannya; ia berkata: "Siapakah yang dapat menghidupkan tulang belulang, yang telah hancur luluh?"
Katakanlah: "Ia akan dihidupkan oleh Tuhan yang menciptakannya kali yang pertama. Dan Dia Maha Mengetahui tentang segala makhluk.
yaitu Tuhan yang menjadikan untukmu api dari kayu yang hijau, maka tiba-tiba kamu nyalakan (api) dari kayu itu."
Dan tidaklah Tuhan yang menciptakan langit dan bumi itu berkuasa menciptakan yang serupa dengan itu? Benar, Dia berkuasa. Dan Dialah Maha Pencipta lagi Maha Mengetahui.
(Q.S. Yaasin[36]: 78-81)

Dasar-Dasar Energi Fisika

Energi terbentuk dalam berbagai bentuk:
  • Panas
  • Cahaya (gelombang)
  • Gerak (kinetik)
  • Elektrik
  • Kimia
  • Energi nuklir
  • Gravitasi

Energi ada dalam segala sesuatu. Kita menggunakan energi untuk hal apa saja yang kita lakukan, dari mulai berjalan sampai mengirim astronot ke angkasa.

Ada dua macam energi:


Energi potensial : yang tersimpanTautan
Energi Kinetik : yang sedang bekerja
Contohnya, makanan yang kamu makan mengandung energi kimia, dan badanmu menyimpan energi ini sampai kamu menggunakannya untuk bekerja atau bermain.

ENERGI POTENSIAL

Energi Kimia
Yaitu energi yang tersimpan dalam susunan atom dan molekul. Batere, biomassa, minyak bumi, gas alam dan batu bara adalah contoh dari energi kima yang tersimpan. Energi kimia dirubah menjadi energi panas ketika kita membakar kayu dalam tungku atau membakar bensin pada mesin mobil.

Energi Mekanik
Yaitu energi yang tersimpan dalam benda yang tertekan. Pegas yang ditekan dan karet gelang yang diulur adalah contoh dari energi mekanik yang tersimpan.

Energi Nuklir
Yaitu energi yang tersimpan dalam inti dari sebuah atom- energi ini menjadikan atom-atom tetap bersama. Energi yang sangat besar dapat dihasilkan ketika inti digabung atau dipecah bagiannya.

Energi gravitasi
Yaitu energi yang tersimpan dalam sebuah benda pada suatu ketinggian. Semakin Besar dan berat sebuah benda, akan semakin besar energi gravitasi yang tersimpan.

ENERGI KINETIK


Energi Radiasi
Yaitu energi elektromagnetik yang berjalan dalam gelombang melintan. Energi radiasi termasuk cahaya tampak, Sinar X, Sinar gamma dan gelombang radio. Cahaya adalah salah satu jenis energi radiasi.

Sinar matahari adalah energi radiasi yang memberi bahan bakar dan kehangatan yang membantu kehidupan di bumi.

Energi Panas
Adalah getaran dan gerakan atom dan molekul dalam unsur. Misal pada sebuah benda yang dipanaskan, atom-atom dan molekul-molekulnya bergerak dan saling bertabrakan lebih cepat. Energi geothermal adalah energi panasa dari dalam bumi.

Energi Gerak
Adalah energi yang tersimpan dalam benda yang bergerak. Semakin cepat bergerak, akan semakin banyak energi yang tersimpan. Contoh energi ini adalah angin.

Bunyi
Adalah gerakan energi melewati zat dalam gelombang longitudinal (membujur) . Bunyi terbentuk ketika sebuah kekuatan menyebabkan sebuah objek atau substansi menjadi bergetar- energi dialihkan melalui substansi dalam sebuah gelombang.

Energi Listrik
Yaitu dihantarkan oleh gerak/aliran elektron, umumnya bergerak melewati kabel. Lampu adalah sebuah contoh dari energi listrik.


Sumber Energi dapat dibagi Menjadi: 

Yang dapat Diperbarui dan Yang Tidak Dapat Diperbarui

Ketika kita menggunakan listrik di rumah, Tenaga listrik biasanya dimunculkan dengan membakar batu bara, dengan reaksi nuklir, atau dengan pembangkit listrik tenaga air dalam bendungan. Oleh karena itu, batu bara, nuklir dan air disebut sebagai sumber energi. Ketika kita mengisi tangki gas, sumbernya bisa minyak atau ethanol yang terbuat dengan menumbuhkan dan memproses jagung.

Sumber energi dibagi menjadi 2 macam- 1. (Renewable)Yang dapat Diperbarui (sebuah sumber energi yang dapat dengan mudah diisi atau dibentuk lagi) dan 2.(nonrenewable)Yang tidak dapat diperbarui (sebuah sumber energi yang telah biasa kita gunakan dan tidak dibentuk lagi atau memerlukan waktu jutaan tahuan untuk terbentuk kembali). Kedua macam sumber energi ini dapat digunakan untuk menghasilkan sumber energi kedua termasuk listrik dan hidrogen.

Energi Yang Dapat Diperbarui

Sumber energi ini meliputi:
  1. Energi solar dari matahari, yang dapat dirubah menjadi listrik dan panas.
  2. Angin
  3. Energi panas bumi dari panas didalam bumi.
  4. Biomasa dari tanaman, termasuk kayubakar dari pohon, etanol dari jagung dan biodisel dari minyak sayur.
  5. Hidropower dari turbin air pada bendungan.
  6. Beberapa jenis lainnya masih dalam pengembangan

Energi Yang tidak Dapat Diperbarui

Kita paling banyak mendapatkan energi dari Sumber energi yang tidak dapat diperbarui, yang termasuk sumber ini yaitu bahan bakar fosil- minyak bumi, gas alam dan batu bara. Mereka disebut dengan Bahan bakar fosil karena, sumber tersebut terbentuk lebih dari jutaan tahun oleh aksi panas dari inti bumi dan tekanan dari bebatuan dan tanah sisa (atau fossil) dari tanaman yang mati dan makhluk hidup mikroskopik. Bentuk lain dari sumber energi yang tidak dapat diperbarui adalah unsur uranium, yang atomnya akan dipecah (melalui proses yang disebut fisi nuklir) untuk membentuk panas dan akhirnya menjadi listrik.

Kita menggunakan kedua macam sumber energi ini untuk menghasilkan listrik yang kita butuhkan untuk rumah, bisnis, sekolah dan pabrik. Listrik memberi tenaga ke komputer, lampu, pemanas, mesin cuci dan AC dan masih banyak lagi.

Kebanyakan bensin digunakan pada mobil dan sepeda motor, Sedangkan bahan bakar disel digunakan pada truk, terbuat dari minyak bumi yaitu sumber energi yang tidak dapat diperbarui. Gas alam yang digunakan untuk memanaskan rumah, mengeringkan baju dan memasak adalah juga tidak dapar diperbarui.

SUMBER ENERGI

Sumber Energi dibagi menjadi dua
SDA Yang tidak dapat diperbaharui

SDA Yang Dapat Diperbarui
  • Biomassa
  • Geothermal
  • Hydropower
  • Solar/ Panas matahari
  • Angin

Advertisemen

Related Posts

Baca Tulisan Lainnya ini