Pelajaran Fisika: Daya

Advertisemen

Apa itu Daya

Ilmuwan menggunakan kata daya untuk menunjukan energi yang dibutuhkan untuk melakukan sebuah kerja, dengan membuat sebuah gaya bergerak melewati suatu jarak. Jumlah daya yang dilakukan sebanding dengan energi yang digunakan dan keduanya diukur dengan satuan Joule (J). Diperlukan energi untuk menaikan sebuah beban pada ketinggian tertentu, karena diperlukan daya terhadap gaya grafitasi. Mesin yang sangat kuat dapat mengerjakan banyak pekerjaan dalam waktu singkat, mesin yang efisisen biasanya hanya menyia-nyiakan sedikit energi saat bekerja.

Dan suatu tanda (kebesaran Allah yang besar) bagi mereka adalah bahwa Kami angkut keturunan mereka dalam bahtera yang penuh muatan. dan Kami ciptakan untuk mereka yang akan mereka kendarai seperti bahtera itu
(Q.S. Yaasin[36]: 41-42)

Efisiensi

Efisiensi adalah ukuran bagaimana banyaknya sebuah energi mesin diubah menjadi kerja yang bermanfaat. Tidak ada mesin yang dapat mengubah seluruh energinya menjadi daya. Beberapa energi selalu tersia-siakan saat sedang melakukan proses. Mesin mobil mengubah bahanbakar menjadi energi yang diperlukan untuk melaju, namun mesin menyisakan panas saat sedang proses. Panas itu tidak membantu mobil untuk melaju, sehingga mobil realatif tidak efisien, dibanding dengan mesin lainnya.

Mesin Efisien

Sepeda adalah mesin yang efisien. Mengijinkan pengendaranya untuk mengubag kekuatan otot menjadi gerak dengan menyisakan sedikit energi. Pembalap sepeda menggunakan bajau aerodinamis. Sedikit energi yang disia-siakan akibat hambatan udara, sehingga ada banyak energi yang digunakan untuk menggerakan sepeda.

Tenaga

Beberapa mesin dapat bekerja lebih cepat dari yang lain, dan hal ini disebut lebih bertenaga. Tenaga adalah jumlah kerja yang dapat dilakukan dalam waktu tertentu. Mobil dengan mesin yang besar dapat melaju lebih kencang, yang artinya mobil itu dapat mencapai jarak yang lebih jauh dengan waktu yang sama. artinya Mobil yang lebih kenacang bekerja lebih cepat dibanding mobil yang lambat.

Joule


Jumlah daya yang dilakukan ketika sebuah gaya bekerja pada suatu jarak sebanding dengan jumlah gaya (yang diukur dalam Newton) dikali jarak yang dilalui (dalam meter). Daya yang bekerja diukur dalam Joule, yaitu nama dari fisikwan inggris James Prescott Joule. Jumlah daya yang bekerja sama dengan jumlah energi yang dibutuhkan, sehingga energi juga diukur dengan joule.

Satu Joule

Satu joule adalah daya yang harus dikerjakan agar sebuah gaya sebesar 1 newton dapat bekerja dengan jarak 1 meter. Satu joule energi dibutuhkan untuk mengerjakan satu joule daya.

Makanan Berenergi tinggi

Saat pemain badminton memukul kock, dia melakukan daya. Jika dia makan sebuah pisang sebelum bertanding, badanya dapat menggunakan energi yang terkandung dalam pisang untuk melakukan daya. Nilai energi dari makanan diukur dalam kilojoule atau kilokalori (pendeknya kalori). Tubuh kita tidak mengubah seluruh energi dalam makanan menjadi daya yang bermanfaat, sehingga tidak efisien 100%.

Advertisemen

Related Posts

Baca Tulisan Lainnya ini