Artikel, Berita dan Opini Tentang Islam

Tentang Kimia Logam



Kimia Logam

Hampir tiga-perempat dari semua unsur adalah logam, seperti emas dan perak. Ada juga beberapa unsur yang tidak dapat disebut logam, seperti kalsium dalam tulang kita, dan sodium dan sodium dalam garam (sodium klorida). Logam dibedakan dari sifat-sifat kelogamannya, seperti titik lebur yang tinggi. Campuran logan disebut Alloys(logam cmapur). Solder adalah sebuah alloy yang digunakan untuk menggabungkan logam pada pemasangan pipa dan pengkablean listrik.


AnNaml
24. Aku (Sulaiman AS) mendapati dia (Ratu Bilqis) dan kaumnya menyembah matahari, selain Allah; dan syaitan telah menjadikan mereka memandang indah perbuatan-perbuatan mereka lalu menghalangi mereka dari jalan (Allah), sehingga mereka tidak dapat petunjuk,
25. agar mereka tidak menyembah Allah Yang mengeluarkan apa yang terpendam di langit dan di bumi dan Yang mengetahui apa yang kamu sembunyikan dan apa yang kamu nyatakan.


Grup Logam

Logam diklasifikasikan berdasarkan dimana dia ditemukan dalam tabel periodik. Setiap grup memiliki sebuah sifat yang membuat logam berguna untuk tujuan yang berbeda.

Logam Alkali

Termasuk di dalamnya pottasium dan sodium, dan juga yang masuk dalam grup 1 dari tabel periodik. Logam-logam ini adalah logan yag sangat reaktif: bereaksi kuat dengan air untuk membentuk alkali kuat.

Logam Alkali-Bumi

Unsur-unsur yang berada pada Grup II dari tabel periodik. Mereka berkombinasi dengan berbagai unsur yang ada dalam kerak bumi. Okside nya bereaksi dengan air membentuk alkali.

Logam Transisi

Yang termausk ke dalamnya yaitu tembaga, perak dan emas. Mereka keras dan mengkilap, memiliki titik lebur yang tinggi dan bagus untuk penghantar panas dan listrik.

Logam lainnya

Juga disebut dengan logam lemah(poor), logam-logam ini cukup lunak dan mudah melebur. yang termasuk di dalamnya yaitu timah putih dan aluminium dan selalu digunakan dalam alloy. Perunggu adalah campuran antar timah putih dan tembaga.

Emas dalam Kuarsa

Beberapa logam, seperti emas, ditemukan secara alami sebagai logam murni dalan bebatuan. Emas tidak reaktif, sehingga tidak berkombinasi dengan unsur lainnya. Kebnaykan logam lebih reaktif dan ditemukan telah berkombinasi dengan unsur lain dalam bebatuan. Contohnya besi biasanya berkombinasi dengan oksigen. Bebatuan dimana logam ditemukan disebut dengan ores (biji).

Mengekstrak Emas

Untuk mengekstrak emas dari ore(biji), Penggiling raksasa melumat ore menjadi bubuk. Bubuk dicampur dengan solusi dari cyanide. Hanya emas dari biji yang larut dalam solusi. Bubuk seng ditambahkan untuk mengeluarkan emas dari solusi. Emas melumer kebawah dan dituangkan ke dalam pencetak.

Sifat Kelogaman

Logam biasanya padat mengkilap dengan titik poin yang tinggi dan konduktor yang sangat bagus untuk panas dan listrik. Logam mudah dirubah bentuknya, sehingga dapat rubah menjadi lempengan dan dapat dibentuk menjadi kabel. kebanyakan logam sangat kuat dan tidak dapat rusak dengan mudah. Namun ada pengecualian:Contoh merkuri adalah logan dengan titik didik yang rendah dan mencair pada temparatur ruang.

Konduktor Listrik

Kabel transmisi (kabel listrik) yang membawa lsitrik ke rumah, seklah dan kantor semuanya mengandalkan tembaga. Tembaga adalah logam berwarna oranye kemerahan yang paling bagus untuk konduktor listrik. Logam menghantarkan listrik dengan baik karena ketika atom logam saling berikatan, elektron dalam kulit terluarnya dapat denga mudah bergerak. Jika listik dihubungkan dengannya, elektron membawa listrik dengan cepat ke bagian lain.

CAMPURAN LOGAM (Alloys)

Alloy adalah logam campuran dengan sifat yang membuatnya lebih bermanfaat dari pada logam murni. Sebuah campuran kromium dan besi lebih tahan karat lebih baik dari pada besi itu sendiri. Kebanyakan alloy terbentuk dari dua atau lebih logam, tetapi ada beberapa yang mengandung non-logam. Baja adalah sebuah campuran antara besi dan karbon. Alloy dibuat dengan mencairkan materi berbeda bersamaan. Merubah perbandingan materi dapat merubah sifat dari alloy(campuran).

Perunggu adalah campuran dari 90persen tembaga dan 10 persen timah putih. Perunggu cair dituangkan dalam cetakan untuk membentuk suatu bentuk yang detail.

3. Ali 'Imran
14. Dijadikan indah pada (pandangan) manusia kecintaan kepada apa-apa yang diingini, yaitu: wanita-wanita, anak-anak, harta yang banyak dari jenis emas, perak, kuda pilihan, binatang-binatang ternak dan sawah ladang. Itulah kesenangan hidup di dunia, dan di sisi Allah-lah tempat kembali yang baik (surga).



Share Ke Temenmu:
Kategori: kimia
Back To Top