Apa itu Kain Sintetik

Advertisemen

Tentang Kain Sintetik

Kain/ tekstil sintetik, seperti nilon dan polyester, diproduksi secara menyeluruh dari bahan kimia. Tekstil alam, seperti kapas, sutra dan wol tebuat dari serat tanaman atau hewan. Tekstil sintetik sangat bermanfaat karena memiliki sifat yang berbeda dan lebih maju dibanding bahan alami. Jas hujan plastik contohnya, adalah tahan air.



16. An Nahl
80. Dan Allah menjadikan bagimu rumah-rumahmu sebagai tempat tinggal dan Dia menjadikan bagi kamu rumah-rumah (kemah-kemah) dari kulit binatang ternak yang kamu merasa ringan (membawa)nya di waktu kamu berjalan dan waktu kamu bermukim dan (dijadikan-Nya pula) dari bulu domba, bulu onta dan bulu kambing, alat-alat rumah tangga dan perhiasan (yang kamu pakai) sampai waktu (tertentu).


Membuat Tekstil Sintetik

Titik awal dari kebanyakan tekstil sintetik adalah suatu cairan terbuat dari produk-produk dari batu bara, minyak bumi, atau gas alam. Cairan tersebut didorong melewati lubang halus dari mulut pipa yang disebut spinneret. Saat cairan muncl dari lubang, lalu didinginkan sampai memadat membentuk benang halus. Benang-benang tersebut dianyam untuk membuat tekstil.

Benang Nilon

Tekstil sintetik pertama di dunia adalah nilon yang dikembangka pada tahun 1938. Rantai panjang molekul yang disebut polyamide dibuat dengan memanaskan solusi polimer pada suhu 260'C. Cairan tersebut didorong melalui sebuah spineret dan benangnya diolah dalam sebuah bak pendingin. Benang dijalim bersama untuk membuat tekstil untuk baju dan parasut.

Advertisemen

Related Posts

Baca Tulisan Lainnya ini