Pentingnya Pengajaran Bahasa Arab Sejak Dini

Advertisemen
Bahasa Arab sebagai bahasa AlQur'an dan Bahasa Inggris sebagai bahasa internasional. Manakah yang lebih penting menurut Anda?

Jika kita mencoba melihat perkembangan perkembangan pendidikan formal yang ada di Indonesia saat ini, dari satu sisi bisa dikatakan banyak mengalami perkembangan yang signifikan. Bagaimana tidak, jika kita lihat dari sisi Ilmu pengetahuan berbagai metode pendidikan untuk mentransfer ilmu pengetahuan diterapkan disekolah-sekolah. Kita bisa melihat lewat berbagai media massa akhir-akhir ini, berapa banyak pelajar Indonesia yang tampil dalam ajang internasional dan yang membanggakan lagi mereka banyak yang mendapatkan medali. Akan tetapi sungguh sayang tujuan dasar dari pendidikan banyak dilupakan, seakan pendidikan beralih arti menjadi sekedar pengajaran. Di sisi lain menurut saya, pendidikan malah justru mengalami kemunduran.

Hal yang terpenting dalam pendidikan,yaitu pendidikan hati telah mulai ditinggalkan.  Sistem pendidikan saat ini lebih mementingkan otak dari pada hati. contoh konkret, sepuluh tahun di sekolah-sekolah ada pelajaran PPKN atau dulu PMP, sekarang? Apakah ada? Padahal paling tidak pelajaran tersebut memberikan ajaran bagaimana sopan santun dalam keluarga, berteman, masyarakat dan bernegara. Meskipun menurut saya hanya PMP saja tidak mencukupi.

Contoh lainnya, sepuluh tahun yang lalu di SD dimana saya belajar (di Desa) sama sekali tidak dikenalkan dengan pelajaran bahasa Ingris. Tetapi sekarang sudah sejak SD kelas 1 telah dikenalkan dengan bahasa Inggris. Yang membuat saya heran lagi, di SD tersebut ,anak kelas 1 SD yang berbahasa Indonesia saja belum banyak yang bisa, tetapi sudah diajarkan bahasa Ingris.

Di sisi lain lagi, negara Indonesia adalah pemukiman muslim terbesar di dunia, padahal seorang muslim wajib berpegangan Al Qur'an dan Sunnah yang berbahasa Arab. Sedangkan Al Quran berbahasa Arab akan tetapi kenapa seakan bahasa Arab tidak dianggap penting? Karena banyak muslim Indonesia yang tidak mengerti bahasa Arab, akhirnya banyak diantara muslim Indonesia yang asing terhadap kitak sucinya sendiri. Bahkan banyak muslim Indonesia lebih tahu nilai-nilai Barat yang sekuler dan materialis dari pada nilai-nilai Islam, akibat begitu gencarnya arus informasi dari Barat yang mengalir ke Negeri Ini.  Akhirnya kita bisa melihat sendiri dampak yang telah muncul yang jauh dari nilai-nilai Islam. Andai saja sudah sejak dini seorang pelajar muslim sudah diperkenalkan dengan bahasa Arab layaknya bahasa Inggris.  Saya meyakini situasinya akan berbeda.


keluhan Al Qur'an

aku terasa asing bagimu
aku begitu jauh darimu
aku tampak kuno dimatamu
hingga banyak yang meninggalkanku

padahal aku adalah penunjuk jalanmu
untuk mencapai tujuanmu
kebahagianmu
dan surga untukmu
Advertisemen

Related Posts

Baca Tulisan Lainnya ini