Kisah Sukses Seorang Muslim di Brazil

Advertisemen
Terjemah dari IOL.

Oleh Hany Salah - Islam Online
terjemah - Islamwiki.blogspot.com


Koresponden - Mazloum

"Saya memilih aktivitas kedermawanan dan sukarelawan sebagai jalan untuk mengenalkan Islam kepada orang, " Kata Mazloum kepada IOL.

Sao Paolo - Melihat kembali perjalanan hidupnya, Ali Mohammed Mazloum hanya dapat berbicara sedikit dengan kata kata.

"Hal tersebut tidaklah mudah." Mazloum, seorang muslim pertama yang memiliki pengaruh kuat dalam Lembaga Kehakiman - Kata orang katolik Brazil kepada Islamonline.net (IOL)

Beliau lahir di Sao Paolo pada tahun 1960 dari sebuah keluarga muslim yang berimigrasi dari Lebanon satu tahun sebelum kelahirannya.

Perjalanannya menjadi seorang yang berwibawa tersebut telah dimulai sejak muda, ketika dia bergabung di fakultas hukum seperti 4 saudaranya lainnya.

Beliau telah bekerja selama 4 taun sebagai seorang kepala kejaksaan di salah satu daerah di Sao Paolo dan telah melanjutkan post-graduate.

Mazloum menjadi seorang Hakim federal, posisi tertingga di lembaga kehakiman negara latin-Amerika pada tahun 1997.

Beliau juga mengajar hukum di Universitas Barzilia dan menjadi "Delivers Lecture"(dosen panggilan) di banyak universitas lainya.

Mazloum meyakini bahwa hidup dalam sebuah keluarga yang mengajarkan nilai-nilai ilmu pengetahuan, etika da pendidikan adalah kunci suksesnya.

Beliau telah mencoba pula menerapkan hal tersebut kepada anak-anaknya, dua anak laki laki dan satu perempuan yang telag berada di bangku SMA dan Universitas.

" Ada komunitas muslim yang besar di Brazil, tetapi biasanya mereka tidak mendapatkan posisi jabatan yang penting di pemerintahan, "Mazloum mengeluh.

"Hal ini dikarenakan fakta bahwa kebanyakan dari mereka lebih fokus dalam bisnis dari pada dalam pendidikan."

Berdasarkan sensus tahun 2001, ada 27.239 muslim yang tinggal di Brazil. Kebanyakan mereka adalah keturunan Syiria , palestina dan imigran Lebanon.

Akan tetapi, Federasi Islamic Brazilia menyebutkan ada sekitar 1,5 juta muslim.
Mazloum mengatakan, beliau mulai melihat hal yang positif.
"Angin perubahan sedang mulai berhembus ."

"Banyak muslim sekarang yang mendapatkan berbagai kesuksesan sesuai profesinya, terutama dalam bidang medis."


PRAKTEK DAKWAH

Mazloum meyakini, beliau memiliki tanggung jawab untuk memperkenalkan Islam kepada teman dekat atau saudaranya yang orang Brazil.
" Dia telah menemukan sebuah makna praktis dari dakwah dan memproyeksikan gambaran yang benar dari keyakinannya melalui Charity (Kedermawanan).

"Saya memilih charity dan voluntary sebagai jalan untuk memperkenalkan Islam kepada orang lain dan menghilangkan stereotip negatif tentang agama Islam," Mazloum berkata kepada IOL.

Proyek dakwah Mazloum meliputi pemberian bantuan kepada orang miskin Brazil, terutama yang non-muslim.

Proyek pertamanya , " Friends of Islam" dilaksanakan oleh LSM di daerah miskin dari Sao Paolo.

Mereka memilih 10 keluarga dari daerah miskin untuk mengikuti kursus training gratis komputer dan kerajinan tangan seperti penggergajian dan potong rambut guna membantu mereka untuk mandiri.

"Proyek ini telah memperlihatkan kesuksesan besar yaitu mendapat dukungan dari pemerintahan lokal di daerah Guarolios dan pemerintahan propinsi Sao Paolo, " Syekh Khaled rezq Takieddin, kepala Supreme Council for Imam and Islamic Affair di Brazil , berkata kepada AOL.

Takieddin yakin bahwa Mazloum Charity adalah jalam yang sangat penting dalam menghapus  berbagai miskonsepsi tentang Islam.

" Hal tersebut membantu meningkatkan image muslim di masyarakat. "

Bagi Mazloum, kedermawanan adalah bagian simpel menjadi seorang muslim yang baik."
" Ini adalah kewajiban kita untuk menjadi contoh bagi orang lain."
Advertisemen

Related Posts

Baca Tulisan Lainnya ini