Tabah dan Sabar - Akhlak Terpuji

Makna Tabah dan Sabar

Sabar (tabah) adalah tahan menderita mengahadapi yang tidak disenangi dengan ridho dan menyerahkan diri kepada Allah. Sabar adalah kemampuan menahan diri dikala ada godaan utnuk tidak marah atau tidak pasrah.

Orang sabar (Tabah) dalam berbagai keadaan akan tetap tenang, selalu mengingat Alla dan berserah diri kepada Nya. Orang yang tabah , tahan menderita apabila terkena musibah, tidak lekas putus asa dalam menunaikan kewajiban serta meraih apa yang dicitakan.

Sabar adalah suatu bagian dari akhlak utama yang dibtuhkan seorang muslim dan masalah dunia dan agama. Salah seorang ulama pernah berkata bahwa pada intinya sabar dan ikhlas adalah inti dalam menjalankan agama.

Rasullullah bersabda : " Sabar adalah cahaya (kemenangan yang gemilang)" (HR muslim)

" Sesungguhnya hanya orang-orang yang sabarlah yang dicukupkan pahal merea tanpa batas" ( Q.S Az Zumar : 10)

" dan diantara mereka iu kami jadikan pemimpin-pemimpin yang memberi petunjuk dengan perintah kami, ketika mereka saba dan meyakini ayat-ayat kami". ( Q.S As-Sajdah : 24).

Sikap sabar bisa dikelompokan dalam tiga hal :

1. Sabar dalam menunaikan ibadah
Dalm menunaikan ibadah syetan selalu menggoda dan nafsu selalu mengganggu agar perintah ibadah ditinggalkan atau dilalaikan. Tetapi orang yang sabar dapat menangkis dan mengatasinya sehingga bisa tetap mampu mengerjakan perintah Allah Dengan Baik.



2. Sabar dalam meninggalkan maksiat
Menahan diri untuk menghindarkan dari segala perbuatan jahat dan adari menuruti hawa nafsu angakara murka dan menghindarkan diri dari segala perbuatan yang mungkin dapat menjerumuskan diri ke juranh kehinaan dan merugikan seseorang. sabar tehadap maksiat ialah semacam unsur pertahanan yang melawan dorongan-dorongan yang menggoda manusia dalam perjalanan hidupnya, serta menyingkirkan perbuatan-perbuatan dosa yang terlarang dan tercela.

Sabar adalah pengaruh dari keyakinan yang mendalam dan tujuan yang bulat mencari keridhoan Allah untuk memperoleh derjat nilah kita selalu berdoa sebagaiman yang tersebut dalm Al Quran:

ربنا افرغ علينا صبرا وتوفنا مسامين

" Ya Allah Tuhan kami, limpahknlah kesabaran kepada kami dan wafatkanlah kami dalam keadaan berserah diri (kepada-Mu). (Q.s Al A'raf : 126)

3. Sabar dalam Musibah
Musibah yang menimpa diterima dengan sabar dan bertawakal kepada Allah yaitu berihtiar untuk terlepas dari musibah itu. Hidup ini adalah perjuangan. Perjuangan tidak luput dari ujian dan cobaan yang pasti diberikan Allah.


Tag : Akhlak
Back To Top