Hadits Tentang Imam Mahdi: Sang Pembebas yang Dijanjikan

Advertisemen

Diriwayatkan oleh Jabir bin Samurah:

Nabi (SAW) bersabda: Agama akan terus ditegakkan sampai ada dua belas khalifah di atasmu, dan seluruh umat akan menyetujuinya masing-masing. Saya kemudian mendengar dari Nabi (SAW) beberapa ucapan yang tidak dapat saya pahami. Saya bertanya kepada ayah saya: Apa yang beliau katakan: ayahku berkata: mereka semua adalah Quraisy.

Sunan Abi Dawud 4279

 

Diriwayatkan oleh Abdullah bin Mas'ud:

Nabi (ﷺ) berkata: Jika hanya satu hari di dunia ini yang tersisa. Allah akan memperpanjang hari itu (menurut versi Za'idah), sampai Dia membangkitkan di dalamnya seorang laki-laki milikku atau keluargaku yang nama ayahnya sama dengan nama ayahku, yang akan memenuhi bumi dengan kesetaraan dan keadilan yang sebelumnya telah dipenuhi dengan penindasan dan tirani (menurut versi Fitri). Versi Sufyan mengatakan: Dunia tidak akan berlalu sebelum orang Arab diperintah oleh seorang pria dari keluarga saya yang namanya akan sama dengan saya.

Abu Dawud berkata: Versi 'Umar dan Abu Bakar sama dengan versi Sufyan. 

Sunan Abu Dawud 4282


Diriwayatkan oleh Ali bin AbuTalib:

Nabi (ﷺ) bersabda: Jika hanya tinggal satu hari di dunia ini, Allah akan membangkitkan seorang pria dari keluarga saya yang akan memenuhi bumi ini dengan keadilan dimana sebelumnya telah dipenuhi dengan penindasan. sunan Abu dawud 4283

 

Diriwayatkan Ummu Salamah, Ummul Mu'minin:

Nabi (SAW) bersabda: Mahdi adalah dari keluargaku, dari keturunan Fatimah. Abdullah ibn Ja'far berkata: Saya mendengar AbulMalih memuji Ali ibn Nufayl dan menggambarkan kualitas dirinya.sunan abu dawud 4284

 

Diriwayatkan oleh Abusa'id al-Khudri:

Nabi (SAW) bersabda: Mahdi dari keluargaku, memiliki dahi yang lebar dan hidung yang mancung. Dia akan memenuhi bumi dengan kesetaraan dan keadilan dimana sebelumnya dipenuhi dengan penindasan dan tirani, dan dia akan memerintah selama tujuh tahun.  Sunan Abu dawud 4285

Diriwayatkan dari ' Ali bahwa Rasulullah (saw) bersabda::
"Mahdi adalah salah satu dari kami, ahlul bait. Allah akan meng-islahnya dalam satu malam." (Sunan Ibnu Majah 4085)

Advertisemen

Related Posts

Baca Tulisan Lainnya ini