Hasil Penelitian Baca Al-Qur'an Tingkatkan Kekebalan Tubuh

Advertisemen
Menurut penelitian terbaru pada tahun 2013, dengan membaca atau mendengarkan bacaan Alquran dengan kerendahan hati dan pemahaman maknanya akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh  (imunitas) sehingga membantu orang melawan berbagai jenis penyakit.

Studi ini menunjukkan bahwa mendengarkan pembacaan Al-Qur'an asalkan dilakukan dengan kerendahan hati dan merenungkan makna dari ayat-ayat akan mengurangi sekresi Cortisol, hormon stres, yaitu mendengarkan bacaan Alquran menyembuhkan ketegangan saraf.

Segala kemuliaan bagi Allah, Yang Mahakuasa yang berfirman dalam Al-Qur'an:

وَإِذَا قُرِئَ الْقُرْآنُ فَاسْتَمِعُوا لَهُ وَأَنصِتُوا لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُونَ

apabila dibacakan Al Quran, maka dengarkanlah baik-baik, dan perhatikanlah dengan tenang agar kamu mendapat rahmat.  (Q.S Al-A'raf [7]: 204).

Mendengarkan Al-Quran adalah sunnah dan salah satu perbuatan termudah yang dapat Anda lakukan untuk menerima berkah Allah.

Mendengarkan Al-Quran memberikan efek positif yang sama juga pada otak. Hal ini disebabkan gelombang suara dari pembacaan Alquran adalah ritmis, dan itu membantu untuk menyeimbangkan kembali sel-sel otak yang pada gilirannya akan meningkatkan kemampuan dan kinerja otak kita. 


Allah SWT berfirman:


وَنُنَزِّلُ مِنَ الْقُرْآنِ مَا هُوَ شِفَاءٌ وَرَحْمَةٌ لِّلْمُؤْمِنِينَ ۙ وَلَا يَزِيدُ الظَّالِمِينَ إِلَّا خَسَارًا 


"Dan Kami turunkan Al-Quran yang merupakan penyembuhan dan rahmat bagi orang-orang yang beriman dan Al Quran itu tidaklah menambah kepada orang-orang yang zalim selain kerugian." (Q.S. Alisra': 82) .


Rasulullah Sholallahu 'alaihi wa sallam juga menggunakan Quran sebagai obat. Ketika beliau sakit, beliau akan membaca Quran. Ini diriwayatkan oleh Aa'ishah (semoga Allah merahmatinya).

Metode penyembuhan ini disebut Ruqyah dan terkenal di kalangan umat Islam. Praktek ini dilakukan dengan membaca Quran atau Doa yang diajarkan oleh Nabi (damai dan berkah Allah besertanya) untuk tujuan penyembuhan fisik dan spiritual.

Ruqyah dapat dilakukan oleh orang itu sendiri atau melakukannya untuk orang lain sebagai bentuk perawatan. Praktek ini telah dilakukan oleh Nabi kita (damai dan berkah Allah besertanya) dan teman-temannya sejak lama.

Sebagaimana Nabi Muhammad sang Utusan Allah (damai dan berkah besertanya) telah melakukannya sendiri, itu dianggap sebagai Sunnah. Dan menjalani Sunnah tentu saja merupakan cara hidup terbaik.

Berikut ini diantara manfaat membaca dan mendengarkan Al-Quran bagi diri kita:

  •     meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda
  •     meningkatkan kreativitas Anda
  •     Mingkatkan kemampuan Anda untuk berkonsentrasi
  •     mengobati penyakit kronis dan tak tersembuhkan
  •     membantu menjadi pribadi lebih baik dengan mengubah kebiasaan dan perilaku Anda
  •     Mendapatkan kedamaian dalam diri Anda dan sembuhkan ketegangan saraf
  •     Mengurangi kegugupan, iritasi, dan presipitasi
  •     mengurangi rasa takut dan ragu
  •     Mengembangkan dan memperkuat kepribadian Anda
  •     menyembuhkan penyakit non-kronis seperti alergi, sakit kepala, flu, dll.
  •     mengembangkan kemampuan bicara Anda

Wallahua'lam...
Advertisemen

Related Posts

Baca Tulisan Lainnya ini