Menakjubkan! Keseimbangan (Simetris) Ayat Al-Quran

Advertisemen

Mukjizat terbesar dan teragung itu bernama Al-Quran.

Sekilas mata... kitab suci ini hanya seperti teks arab yang tak beraturan dengan makna-makna puistik.
Namun, ini adalah kitab yang membuat banyak orang tercengang ketika mempelajari dan mendalaminya.

Bagaikan sebuah sumber mata air yang tak pernah habis. Kitab Agung ini terus membuat kejutan-kejutan bagi para pemikir dan pencari kebenaran.

Dari sisi saintis misalnya, profesor Maurice Bucaile begitu terhentak pikirannya ketika membaca ayat-ayat tentang penciptaan manusia.

Ayat-ayat tentang perkembangan embriologi sangat membuatnya takjub, karena 1000 tahun yang lalu tak ada seorang pun yang tahu bagaimana perkembangan tahapan embriologi.

Namun Al-Quran menjelaskannya tahap demi tahap dan sesuai dengan penemuan Ilmu yang baru terjadi 1 abad terakhir ini.

Dan satu lagi temuan yang mencengangkan akal kita terhadap Keagungan Al-Quran.

"SIMETRISITAS (Keseimbangan) Kata-kata Dalam AlQuran"

Menakjubkan! Keseimbangan (Simetris) Ayat Al-Quran


Berikut adalah beberapa contoh AYATNYA sebagaimana yang dipaparkan oleh seorang Alumni ITB angkatan 2002 beranam Eka Pratama.

1. Dalam Surat Al-Muddatsir ayat 3: وَرَبَّكَ فَكَبِّرْ

Terjemahan ayat tersebut simpelnya adalah: "dan agungkanlah Tuhanmu", sedangkan terjemahan yang lebih mumpuninya yaitu: "dan nyatakanlah hanya keagungan Tuhanmu saja"

Huruf و dalam bahasa Arab, sebenarnya tidak selalu berarti "dan". Huruf و dapat digunakan untuk 21 jenis fungsi, dan salah satunya sebagai isti'naf yaitu untuk memulai kalimat baru. Sehingga ayat tersebut sisanya menjadi berbunyi: رَبَّكَ فَكَبِّر

Ok! Sekarang perhatikan dengan seksama. Kalimat tersebut dimulai dengan huruf ر dan diakhiri dengan huruf ر juga. Huruf kedua adalah huruf ب dan huruf kedua terakhir adalah huruf ب juga. Huruf ketiga adalah huruf ك dan huruf ketiga terakhir adalah huruf ك juga. Dan huruf ف di tengahnya.

Subhanallah! Suatu rangkaian simetris yang hanya terdiri dari 7 huruf. Dalam bahasa Indonesia kita perlu menuliskan "Dan nyatakanlah hanya keagungan Tuhanmu saja".  Namun Al-Qur'an hanya perlu 7 huruf yang disusun secara sangat elegan.


2. Dalam Surat Ya Sin ayat 40, Allah SWT berfirman,

لَا الشَّمْسُ يَنبَغِي لَهَا أَن تُدْرِكَ الْقَمَرَ وَلَا اللَّيْلُ سَابِقُ النَّهَارِ وَكُلٌّ فِي فَلَكٍ يَسْبَحُونَ

Terjemahannya: "Tidaklah mungkin bagi matahari mengejar bulan dan malam pun tidak dapat mendahului siang. Masing-masing beredar pada garis edarnya."

Allah SWT berfirman tentang benda-benda angkasa, dimana masing-masing "berenang"/"melayang"/beredar/berputar pada garis edarnya.

Sekarang perhatikan kata كُلٌّ فِي فَلَكٍ
Perhatikan huruf pertama ك dan bagaimana diakhiri dengan huruf ك juga.
Huruf kedua adalah ل dan huruf kedua terakhir adalah ل juga.
Huruf ketiga adalah ف dan huruf ketiga terakhir adalah ف juga.
Dan di pusatnya ada huruf ي

Sekarang mari kita ilustrasikan:
ك - ل - ف - ي - ف - ل - ك
Pusat dari rangkaian huruf tersebut adalah huruf ي yang merupakan huruf pertama kata berikutnya يَسْبَحُونَ yang artinya mengorbit/berputar.

Subhaanallah! Bukankah ini adalah sebuah rangkatan huruf yang menakjubkan dengan makna yang juga tidak kalah hebatnya.




LANJUT....



Di era modern ini Al-Qur'an sudah bisa dianalisis struktur linguistiknya menggunakan komputer. Jumlah total suatu kata tertentu dalam Al-Qur'an bisa dihitung dengan cepat dan mudah. Perhatikan fakta-fakta berikut:


  • Kata "ad-dunya" (dunia) terhitung sebanyak 115 kali. Dan kata "al akhirat" (akhirat) persis sama sebanyak 115 kali.
  • Kata "malaaikat" (malaikat) terhitung sebanyak 88 kali. Dan begitupun kata "Syayaatiin" (syaitan) sebanyak 88 kali.
  • Kata "al-hayaat" (Kehidupan) terhitung sebanyak 145 kali. Dan begitupun kata kematian sebanyak 145 kali.
  • Kata "Ash-shaalihaat" (amal baik) terhitung sebanyak 167 kali. Dan begitupun kata "As-saya-aat" (amal buruk) juga sebanyak 167 kali.
  • Kata "ibliis" (iblis) terhitung sebanyak 11 kali. Dan kata berlindung dari iblis, terhitung sebanyak 11 kali.
  • Frasa "mereka berkata", terhitung sebanyak 332 kali. Dan kata "Katakanlah", juga sebanyak 332 kali.
  • Kata "bulan" sebanyak 12 kali 
  • Kata "hari" sebanyak 365 kali

 

PERHATIKAN JUGA STRUKTUR MATEMATISNYA...

Al-Qur'an juga menawarkan dahsyatnya struktur matematis yang dimilikinya. Salah satu yang mencolok adalah huruf-huruf initial yang mengawali beberapa surat; seperti ق di Surat Qaf, huruf يس di Surat Ya Sin, dan sebagainya. Mari kita perhatikan beberapa contoh berikut:
 
Jumlah huruf ق di Surat Qaf ada 57. 
Dan 57 = 3 x 19. Artinya, 57 adalah kelipatan 19. Sehingga jumlah huruf ق di Surat Qaf merupakan kelipatan 19.

Dan ternyata jumlah huruf ق di Surat Asy-Syura juga ada 57. Jika jumlah huruf ق di kedua surat itu dijumlahkan, 57 + 57 = 114. Dan 114 = 2 x 3 x 19. Kelipatan 19 lagi.

Jumlah huruf ي di Surat Ya Sin ada 237, dan jumlah huruf س ada 48. Jika dijumlahkan, 237 + 48 = 285. Dan 285 = 3 x 5 x 19. Kelipatan 19 lagi.

Jika initial حم yang terdapat pada Surat Al-Mu'min, Surat Al-Fussilat, Surat Asy-Syura, Surat Az-Zukhruf, Surat Ad-Dukhan, Surat Al-Jasiyah, dan Surat Al-Ahqaf, dijumlahkan maka:
Surat Al-Mu'min: terdapat 64 huruf "ha" dan 380 huruf "mim"
Surat Al-Fussilat: terdapat 48 huruf "ha" dan 276 huruf "mim"
Surat Asy-Syura: terdapat 53 huruf "ha" dan 300 huruf "mim"
Surat Az-Zukhruf: terdapat 44 huruf "ha" dan 324 huruf "mim"
Surat Ad-Dukhan: terdapat 16 huruf "ha" dan 150 huruf "mim"
Surat Al-Jasiyah: terdapat 31 huruf "ha" dan 200 huruf "mim"
Surat Al-Ahqaf: terdapat 36 huruf "ha" dan 225 huruf "mim"
Jika kita jumlahkan semua, hasilnya: 2147. Dan 2147 = 113 x 19. Kelipatan 19 lagi.

Initial عسق di Surat Asy-Syura juga tidak terlepas dari ini. Jumlah huruf ع ada 98. Jumlah huruf س ada 54. Jumlah huruf ق ada 57. Jika dijumlahkan, 98 + 54 + 57 = 209. Dan 209 = 11 x 19. Kelipatan 19 lagi.
 
Begitu pun initial كهيعص di Surat Maryam. Terdapat 137 huruf "Kaf", 175 huruf "Ha", 343 huruf "Ya", 117 huruf "Ain", dan 26 huruf "Shad". Jika dijumlahkan, 137 + 175 + 343 + 117 + 26 = 798. Dan 798 = 2 x 3 x 7 x 19. Kelipatan 19 lagi.

Subhaanallah! Jika Al-Qur'an ini sudah tercampuri tangan manusia, dan misalnya satu huruf ق saja hilang, atau huruf ي hilang, atau huruf lainnya, maka kita tidak akan bisa menikmati mukjizat kelipatan 19 ini sekarang. 

KEMUDIAN.... perhatikanlah Surat Al-Muddatsir ayat 27-31 berikut ini:

"Dan tahukah kamu apa Saqar itu?
Ia tidak meninggalkan dan tidak membiarkan,
Yang menghanguskan kulit manusia.
Di atasnya ada sembilan belas (19).
Dan yang Kami jadikan penjaga neraka itu hanya dari malaikat; dan Kami menentukan bilangan mereka itu hanya sebagai cobaan bagi orang-orang kafir, agar orang-orang yang diberi kitab menjadi yakin, agar orang yang beriman bertambah imannya, agar orang-orang yang diberi kitab dan orang-orang mukmin itu tidak ragu-ragu; dan agar orang-orang yang di dalam hatinya ada penyakit dan orang-orang kafir (berkata), “Apakah yang dikehendaki Allah dengan (bilangan) ini sebagai suatu perumpamaan?” Demikianlah Allah membiarkan sesat orang-orang yang Dia kehendaki dan memberi petunjuk kepada orang-orang yang Dia kehendaki. Dan tidak ada yang mengetahui bala tentara Tuhanmu kecuali Dia sendiri. Dan Saqar itu tidak lain hanyalah peringatan bagi manusia."
(QS. Al-Muddatsir: 27-31)

Ini baru beberapa contoh saja. Masih banyak lagi contoh-contoh lain yang bertebaran di dalam Al-Qur'an. Dan semakin dalam kita menyelam ke dalam Al-Qur'an, semakin banyak harta karun yang kita temukan. Dan harta karun itu seperti tidak ada habisnya. Bagai lautan luas. Dan sepertinya kita tidak memiliki kapasitas yang cukup untuk memahami semuanya.

(Disadur dari Media Sosial)
Advertisemen

Related Posts

Baca Tulisan Lainnya ini