7 Pencapaian Muslim Dibidang IPTEK Yang Luar Biasa di Masanya

Advertisemen

Penggalian sejarah dunia Islam satu dekade terakhir telah mengantarkan kepada kita bukti-bukti yang kuat akan kejayaan dunia muslim timur tengah dalam bidang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Ada banyak pencapaian para ilmuwan muslim dari abad 8 masehi sampai abad 16 masehi. Kita sudah kenal bapak algoritma yaitu Alkhawrizmi yang merupakan salah satu Ilmuwan muslim yang masyhur. Meski ada cukup banyak catatan sejarah yang mengemukakan tentang berbagai macam penemuan saintifik di dunia muslim saat itu, namun di sini kami hanya membatasi pada 7 penemuan muslim saja.



1. Kitab Revolusi Hijau Abad 10 Masehi


Pada awal abad ke-9, sistem pertanian yang inovatif menjadi pusat kehidupan ekonomi dan organisasi produksi di tanah Muslim. Kota-kota besar Islam di Timur Dekat, Afrika Utara dan Spanyol, Artz menjelaskan, didukung oleh sistem pertanian yang rumit yang mencakup irigasi yang luas dan pengetahuan yang ahli manfaat dari beberapa metode pertanian yang paling maju yang dikenal sejauh ini. Kaum Muslim memelihara kuda-kuda dan domba terbaik dan telah membudiyakan kebun terbaik dan kebun sayur.

Bukti dari Berbagai kemajuan teknik pertanian yang sesuai ekologi alam itu, banyak dijelaskan dalam kitabkarya ilmuwan muslim abad 9-10 Masehi, yaitu Kitab al-filaha (Libro de agricultura) oleh Ibn Bassal, dari Andalusia abad ke-11 dari Toledo (diedit, beranotasi dan diterjemahkan ke dalam bahasa Spanyol diterbitkan di Tetua'n, 1955). Buku ini berisi informasi tentang berbagai jenis bahan makanan dan bagaimana untuk menghasilkan mereka dan memelihara mereka, di samping metode dalam budidaya pertanian, irigasi, pengendalian hewan peliharaan dan mengolah tanah.

2. Piston Pompa Taqiyuddin


Meskipun pompa ini dirancang pada abad ke-16 , namun telah memiliki komponen yang sering dikaitkan dengan teknologi modern, seperti: sebuah camshaft, blok silinder, piston, katup non-return, dimana hal ini bekerja sebagai pompa hisap. Namun, penting untuk dicatat bahwa mesin ini telah dibuat sekitar dua abad sebelum fajar Revolusi Industri.

Desain pompa ini adalah untuk meningkatkan kuantitas tertentu dari air hingga ketinggian tertentu menggunakan energi dari sungai terdekat.

3. The Book of Healing dan The Canon of Medicine


Sebuah kitab yang menjadi pedoman kedokteran bagi dunia Eropa sampai abad ke-18, yaitu yang disebut dengan Canon of Medicine. Canon of Medicine diterjemahkan dari kitab Qanun fi Thib (Canon of Medicine)(Terjemahan bebas:Aturan Pengobatan) karya Ibnu Sina atau Avicenna (latin). Ibnu Sina adalah pengarang dari 450 buku pada beberapa pokok bahasan besar. Banyak di antaranya memusatkan pada filosofi dan kedokteran. Dia dianggap oleh banyak orang sebagai "bapak kedokteran modern." George Sarton menyebut Ibnu Sina "ilmuwan paling terkenal dari Islam dan salah satu yang paling terkenal pada semua bidang, tempat, dan waktu."



4. Jam Air Al Jazari


satu karya sains peninggalan peradaban Islam yang cukup terkenal adalah jam air karya Al-Jazari. Jam air Castil adalah salah satu jam termegah yang disebutkan dalam buku al-Jazari's. Rincian konstruksi dan operasi telah dijelaskan secara eksplisit pada awal l-'amal al Al-Jami 'bayn al-'ilm wa'-Nafi 'fi Sina' di al-hiyal (Sebuah Kompendium tentang Teori dan Praktik Berguna Seni Teknik).

Jam ini memiliki banyak gerakan sepanjang hari, dan akan sangat menyenangkan untuk menonton dan mendengarkan. Dari sudut pandang pengamat, dia akan melihat cakram matahari di ufuk timur akan naik, bulan tidak akan terlihat sama sekali dan enam tanda-tanda zodiak yang terlihat, sedangkan titik pertama dari konstelasi Libra akan ditetapkan. lebih detail



5. Kitab al-Manazir (Buku optik)


Al-Haitham dikenal sebagai perintis bidang optik, yang terkenal lewat bukunya bertajuk Kitab al-Manazir (Buku optik). Untuk membuktikan teori-teori dalam bukunya itu, sang fisikawan Muslim legendaris itu lalu menyusun Al-Bayt Al-Muzlim atau lebih dikenal dengan sebutan kamera obscura, atau kamar gelap.

6. 107 rumus atau resep penggunaan mesiu

Hasan Al-Rammah dalam bukunya berjudul Al-Furusiyyah wa Al-Manasib Al-Harbiyyah, ilmuwan Muslim kelahiran Suriah itu berhasil menulis sebanyak 107 rumus atau resep penggunaan mesiu.

Sebanyak 22 resep mesiu yang diraciknya khusus digunakan untuk roket. Menurut Al-Rammah, komposisi bahan untuk meluncurkan sebuah roket terdiri dari 75 persen potasium nitrat, 9,06 persen sulfur dan 15,94 persennya karbon. Perhitungan yang dilakukan Al-rammah pada abad ke-13 M itu sudah mampu mendekati komposisi ideal, yakni 75 persen potasium nitrat, 10 persen sulfur, dan 15 persen karbon.

7. Bapak Kedokteran Bedah


Lahir pada 938 Masehi di utara Córdoba di Al Zahra, kota kerajaan Abdulrahman III, Abu al-Qasim Khalaf ibn al-'Abbas dikenal sezaman dengan al-Zahrawi, dan nama Latinnya adalah Abulcasis. Al-Zahrawi hanya menulis satu buku, 'Ajizja' Kitab al-Tasrif li-man al-Ta'lif Sebuah kompendium 30 volume pada obat-obatan, operasi, farmasi dan topik kesehatan lainnya dikumpulkan selama 50 tahun karirnya. Volume terakhir nya, 300-halaman Pada Bedah, adalah buku pertama untuk pengobatan operasi sebagai subjek terpisah dan risalah ilustrasi bedah pertama . Meliputi ophthalmology, kebidanan, ginekologi, kedokteran militer, urologi, ortopedi dan banyak lagi, Buku itu tetap menjadi referensi standar bedah di Eropa sampai akhir abad ke-16. Al-Zahrawi telah menggunakan tinta sebelum operasi untuk menandai sayatan pada kulit pasiennya ', sekarang menjadi prosedur standar di seluruh dunia. Dia adalah orang pertama yang menggunakan Catgut untuk menjahit luka internal, sutra untuk bedah kosmetik dan kapas sebagai pembalut operasi.




Advertisemen

Related Posts

Baca Tulisan Lainnya ini