Sejarah Islam dan Teknologi: Jam Air Al Jazari

Advertisemen
Salah satu karya teknologi peninggalan peradaban Islam yang cukup terkenal adalah jam air karya Al-Jazari. Jam air Castil adalah salah satu jam termegah yang disebutkan dalam buku al-Jazari's. Rincian konstruksi dan operasi telah dijelaskan secara eksplisit pada awal l-'amal al Al-Jami 'bayn al-'ilm wa'-Nafi 'fi Sina' di al-hiyal (Sebuah Kompendium tentang Teori dan Praktik Berguna Seni Teknik).

Jam ini memiliki banyak gerakan sepanjang hari, dan akan sangat menyenangkan untuk menonton dan mendengarkan. Dari sudut pandang pengamat, dia akan melihat cakram matahari di ufuk timur akan naik, bulan tidak akan terlihat sama sekali dan enam tanda-tanda zodiak yang terlihat, sedangkan titik pertama dari konstelasi Libra akan ditetapkan.



Bulan sabit terus bergerak dari kiri ke kanan pada dekorasi, dan ketika di antara dua pintu pintu atas terbuka untuk mengungkapkan sosok seorang pria, pintu bawah berputar untuk mengungkapkan warna yang berbeda. Ini akan terjadi karena setiap jam matahari dari sinar matahari telah berlalu. Segera setelah ini terjadi, dua elang akan miring ke depan dan menyebarkan sayap mereka, dan bola akan keluar dari paruh mereka dan masuk ke vas. Pengamat akan mendengar seperti suara simbal, dan kedua elang akan bersandar kembali ke posisi semula dan menutup sayapnya.

Pada titik ketika pintu keenam akan membuka, matahari berada pada ketinggian tertinggi, dan tiga tanda zodiak telah bangkit dari timur, dan tiga lainnya telah menetapkan di sebelah barat. Bulan sabit akan menjadi antara pintu keenam dan pintu keenam dari yang ketujuh terbuka. Sekarang para musisi akan mulai memainkan instrumen mereka. Pengamat itu akan mendengar dan melihat percussionists memukul genderang mereka sangat hidup, dan beberapa saat kemudian pengamat akan mendengar bunyi terompet. Kedua elang masih akan melaksanakan tugas mereka pada jam ini, dan dapat disimpulkan bahwa benturan simbal akan terjadi bersama-sama saat perkusionis mulai memukul drum mereka.

Para musisi akan bermain pada jam kesembilan dan kedua belas. Pada jam dua belas, matahari akan mengatur di ufuk barat, dan semua tanda-tanda zodiak di awal hari akan dipasang juga. Dalam konfigurasi ini, zodiak disk telah diputar pada 180derajat. Pada titik ini akan menjadi awal malam, saat matahari telah ditetapkan.

Re-desain dari jam air:


Ilutrasi mesin jam air:




Selengkapnya penjelasan dan ilustrasi mengenai tekonolgi jam air bisa dibaca di:
http://muslimheritage.com/topics/default.cfm?ArticleID=899
Advertisemen

Related Posts

Baca Tulisan Lainnya ini