Rahasia Sejarah: Pengaruh Islam Terhadap Perubahan Tatanan Dunia

Advertisemen

Manusia Tidak Pernah Berubah Sifat-sifatnya Sepanjang Zaman

Setujukah Anda dengan pernyataan tersebut?

islam dan tatanan dunia baru


Sejak dahulu, jauh-jauh  masa sebelum Rasul saw diutus, selalu ada pencurian, perampokan, pembunuhan, perzinaan, peperangan, dan kejahatan lainnya. Hanya saja sifat dan bentuknya yang berubah mengikuti perkembangan zaman.

Bahkan bisa jadi, di masa lalu ada dunia yang jauh lebih canggih dari sekarang yang dikatakan modern. Mungkin saja ada negeri seperti itu yang atas kehendak Allah musnah tak berbekas. wallahu'alam. 

Begitu banyak manusia saat ini yang menjadikan "Modern" sebagai sebuah tujuan. Apa sih modern itu? jika ditanya demikian apa yang Anda jawab? hidup seperti orang amerika atau eropa kah? pergaulan bebas, pesta pora, mesin-mesin canggih, gedung-gedung tinggi, pakaian-pakaian hampir telanjang, hukum-hukum "modern", sistem?

Coba saja telusuri sejarahnya, pergaulan bebas, pesta pora telah ada sejak dahulu. Salah satunya Tengok sejarah sosial Romawi dan Yunani. Sementara kecanggihan teknologi dari mana asa-usulnya?

Telusuri satu persatu sejarahnya, akan didapati dunia Islam lah yang mengumpulkan ilmu-ilmu yang berserakan di negeri lain, lalu merombaknya jadi tatanan ilmu yang berdasarkan melihat, mendengar dan memikirkan (Observasi).



Jika kita mencoba menelusuri sejarah dunia, kita akan mendapati Bagaimana Islam yang bersumber dari Alqur'an telah merombak tatanan dunia ini. 

Hukum modern yang telah dipakai didunia ini, dari manakah asalnya. Pernahkah ada yang meruntut sejarahnya?

Kitab Hukum Pidana yang dipakai di Indonesia (KUHP) berasal dari Code civil (perancis), Code civil baru muncul setelah ratusan tahun ilmu Islam mempengaruhi sarjana-sarjana eropa termasuk sarjana perancis,begitu pula KUHAP (Kitab Perdata).

Bahkan konon ada kabar KUHAP adalah saduran dari kitab perdata yang berasal dari Maroko (jika tidak salah), yang dibawa masuk ke indonesia oleh kolonial belanda. Ingat pula bagaimana Islam menyinari abad kegelapan di dunia Eropa hingga akhirnya muncul Abad pencerahan Eropa.

Jadi sungguh sebenarnya, berkat wahyu yang diturunkan kepada Muhammad saw telah merombak tatanan dunia. Seiring manusia melupakan wahyu itu, seiring pula dunia menuju kehancuran dan sebaliknya. Sebab wahyu itu diturunkan untuk mengatur sifat-sifat manusia yang tak pernah berubah. 

Contoh dalam hukum jinayah (Hukum Pidana Islam), yang merupakan kumpulan hukum pidana hasil pemahaman dan pemikiran para ulama  dari Wahyu dan sabda Rasul, Hukuman potong bagi pencuri, hukuman bunuh bagi pembunuh, hukuman diasingkan atau dirajam bagi pezina, dan hukuman lainnya.

Benarkah hukuman seperti itu tidak relevan lagi bagi dunia "modern" saat ini? Benarkah hukuman-hukuman tersebut bertentangan dengan HAM?

Bagaimana dengan hak-hak orang yang dizolimi? Sementara itu, kita dapat melihat permasalahan-permasalahan baru timbul akibat adanya hukuman penjara. Banyak resedivis, peredaran narkoba dalam penjara, banyak yang bilang penjara malah menjadi sekolahan penjahat, bukannya tempat rehabilitasi.

Benarkah hukum pidana "modern" jauh lebih baik dari Hukum pidana Islam abad pertengahan? Namun yang jelas antara keduanya memiliki pijakan dasar yang berbeda. Ilmu-ilmu yang berasal dari dunia "modern" (barat) berpijak pada cara berpikir anthroposentris (mengagungkan akal manusia - akal diatas segalanya), sedangkan ilmu yang berasal dari Islam berpijak pada theosentris (bersumber dari agama - wahyu).

Jadi, dengan melihat bagaimana pengaruh Ajaran Islam terhadap perubahan tatanan dunia ke arah yang lebih baik,  Sudah seharunya kita umat Islam mengimplentasikan kembali nilai-nilai dan ajaran-ajaran agama yang ada di Dalam Al-Qur'an dalam segala sendi kehidupan umat manusia.

Baca Juga: Hubungan Islam dan Kemajuan Iptek Moden

Advertisemen

Related Posts

Baca Tulisan Lainnya ini