Persiapan Ramadhan (3): Jadwal Harian

Advertisemen

Berdoa Sebelum Fajar

Saya akan memulai hari saya beberapa saat sebelum fajar. Waktu sebelum fajar sangat berharga. Nabi berkata bahwa Allah turun ke langit terendah di sepertiga terakhir malam berseru kepada ciptaan-Nya, "Apakah ada orang yang ingin meminta sesuatu maka Aku berikan kepadanya? Apakah ada siapa pun yang mencari pengampunan Aku akan  mengampuninya? Apakah ada orang yang ingin bertobat Aku akan menerima pertobatan-Nya? "(Al-Bukhari) Allah memuji orang beriman yang berkualitas tinggi dengan praktik " meminta pengampunan selama ini. "

Saya akan memastikan bahwa akan makan sahur sebelum fajar. Nabi berkata: "sahurlah karena ada berkah dalam sahur." (Al-Bukhari).

Saya akan mengambil 10-15 menit sebelum shalat subuh duduk sendirian meminta Tuhan untuk pengampunan dan memanggil-Nya dalam menanggapi panggilan-Nya. Nabi berkata ketika ditanya tentang bagian mana dari malam lebih baik dalam menerima doa, saya juga akan membuat shalat malam singkat selama yang saya akan bersujud dan maksimalkan lebih dekat dengan Allah sebagai Rasul berkata "Bagian terakhir dari malam.", "Yang paling dekat, hamba Allah akan adalah ketika ia dalam keadaan sujud." Aku akan memuliakan Allah dalam sujud saya (sujud) dan berdoa kepada-Nya. Saya akan mencari bimbingan-Nya, membantu, dan mendukung saat-saat indah ini.

Waktu Subuh

 Saya akan mencoba yang terbaik untuk membuat doa Subh (Ini adalah nama yang digunakan untuk doa pagi Fajr doa sering digunakan untuk berarti dua rak'as opsional sebelum shalat Subh.) Di masjid. Saya akan pergi ke masjid terdekat dari rumah saya bahkan jika itu adalah sedikit jauh. Saya akan mempertimbangkan langkah-langkah saya ketinggian dalam derajat saya dan kafarat atas dosa-dosa saya sebagaimana  yang dijanjikan Nabi. Saya akan merasakan kebahagiaan dan rasa syukur dari berdoa dalam jemaat selama waktu fajar, suatu tindakan yang membuat saya murni dari kemunafikan sebagai nabi disebutkan.

Saya akan ingat untuk membuat doa fajar opsional yaitu 2 rak'as untuk Nabi berkata, "Kedua rak'as dari fajar lebih baik dari kehidupan ini dan apa yang di dalamnya." (Muslim)

Jika saya mencapai masjid sebelum waktu Iqamah, saya akan duduk dan membuat duaa. Nabi berkata: "Duaa antara Adzan dan Iqamah tidak ditolak." (Abu Dawud)

Saya akan memastikan saya ingat Allah setelah Doa untuk sang Nabi berkata, "Barangsiapa yang mengatakan Allah subhana 33 kali, Alhamdu Lellah 33 kali, Allahu Akbar 33 kali, dan kemudian menyelesaikan 100 dengan mengatakan" La ilaha Illah Allah, Wahdahu La sharika lah Qadir lahu alMulk walau Al-Hamd wa Howa 'ala Koli Shai', "dosa-dosanya akan dihapus bahkan jika mereka seperti busa dari laut."Saya akan ingat untuk mengatakan "Ayat al-Kursi (ayat 2: 255)" untuk Nabi berkata jika Anda mengatakannya setelah doa tidak ada antara Anda dan surga kecuali kematian "(Al Mundhiri).

Saya akan mencoba, terutama selama akhir pekan, tinggal setelah fajar di masjid mengingat Allah, membaca Al-Quran beberapa sampai 15 menit setelah matahari terbit. Saya kemudian akan membuat 2,4,6, atau 8 raka'as. Saya akan merasa pahala dari Haji dan Umrah lengkap sebagai Nabi yang dijanjikan.


Setelah Fajar

Aku akan pergi bekerja dan akan melakukan yang terbaik untuk unggul dalam pekerjaan. Saya akan mencoba untuk menghapus kesalahpahaman bahwa Ramadhan adalah bulan kemalasan. Saya akan mempertimbangkan pekerjaan saya sebagai suatu tindakan ibadah, sekaligus menyembah Tuhan dengan berpuasa dan bekerja.

Saya akan mendapatkan beberapa menit di kantor di mana saya akan bersantai dan mencoba memejamkan mata dalam mode setengah tertidur untuk itu memberi saya energi sebagaimana jika saya benar-benar tidur selama beberapa waktu. Saya akan membutuhkannya untuk melanjutkan hari saya dan untuk bersantai dalam persiapan untuk malam yang panjang.

Saya akan mencoba yang terbaik untuk membuat doa Dhuhur dan Ashar tepat waktu dan saya akan membuat mereka dalam jemaat selama akhir pekan.

Waktu Berbuka (iftar)

 Saya akan membuat sebagian besar waktu berbuka di masjid sebagai komunitas saya selalu begitu. Ketika giliran kami untuk mempersiapkan buka puasa, aku akan mengambil niat untuk memberikan Iftar untuk semua orang yang berpuasa ada pahala yang besar di dalamnya. Nabi berkata: "Barangsiapa memberi buka puasa kepada orang puasa, akan mendapatkan pahala yang sama." (Al-Mundhiri)

Saya akan mencoba untuk pergi beberapa menit sebelum Maghreb sehingga saya bisa menghabiskan beberapa waktu di masjid mengingat Allah dan melakukan doa.

Aku akan berbuka puasa  merasakan kebahagiaan yang disebutkan Nabi. Kebahagiaan seseorang yang diizinkan untuk menyelesaikan waktu puasa dan diberi kesempatan untuk makan. Saya akan mengingat bagian lain dari kebahagiaan yang disebutkan Nabi yaitu ketika saya bertemu dengan Tuhan karena puasa. Ini adalah dua buah kebahagiaan Nabi disebutkan dalam hadits itu: "Orang yang berpuasa memiliki dua kebahagiaan: satu ketika ia berbuka puasa dan lainnya ketika ia bertemu Tuhannya." (Al-Bukhari)

Saya akan ingat untuk membuat doa pada saat berbuka puasa karena adalah waktu doa itu diterima sebagaimana disebutkan. Aku akan mengingat keluarga saya, orangtua saya, saudara-saudara, dan semua Muslim selama doa saya.

Aku tidak akan makan banyak untuk mempersiapkan diri untuk  Taraweh dan saya akan memastikan saya makan makanan sehat.

Setelah Iftar

Saya akan mengambil relaksasi pendek sebelum shalat Taraweh.
Saya akan mencoba yang terbaik untuk membuat Taraweh di masjid, setiap hari dan saya akan merasakan berkat dari  shalat dengan seluruh Quran selama sebulan penuh.
Saya akan pergi tidur setelah Taraweh dan akan membuat niat yang kuat bahwa tidur saya adalah suatu tindakan ibadah untuk mempersiapkan diri untuk hari baru berpuasa. (Sumber: onislam.net)

Advertisemen

Related Posts

Baca Tulisan Lainnya ini