Pemain Bola Palestina Juga Penghafal Al-Qur'an

Advertisemen
Sepak bola adalah sebuah olah raga yang digandrungi oleh sebagian besar masyarakt di dunia. Begitu banyak orang yang rela mengeluarkan sebagian hartanya demi melihat sebuah pertandingan sepak bola. Sering kali hiruk pikuk kemeriahan pertandingan sepak bola banyak menimbulkan mudharat, mulai dari pemain atau penonton (yang muslim) yang meninggalkan kewajibannya sebagai seorang muslim sampai terjadinya bentrok antar pendukung. Sering kali kita mempertanyakan sebenarnya bagaimana hukum sepak bola dalam Islam itu.

Dikutip dari situs arrahmah.com, Syaikh Hani Rafiq Hameed Awwad (Imam Masjid Gaza sekaligus dosen dari Universitas Islam Gaza) menjelaskan, pada dasarnya Islam tidak melarang secara khusus bermain sepak bola, bahkan Islam mengajarkan bagaimana seorang Muslim yang kuat itu lebih baik daripada muslim yang lemah seperti dengan menganjurkan seorang Muslim berlatih berkuda, berenang, memanah, dan bergulat.

“Hanya saja kita perlu mengatur waktu, agar suatu olah raga tidak mengganggu hal yang lainnya,” kata dosen jurusan Hukum di Universitas Islam Gaza ini, Jakarta, Senin (11/6).

Lanjutnya, di Gaza sendiri masyarakat banyak yang menyukai olahraga, termasuk sepak bola. Namun aktifitas tersebut alhamdulillah tidak menggangu para pemuda untuk menjalankan kewajiban mereka menimba ilmu agama. Para pemuda di sana tetap menjadi penghafal al Qur’an dan terlibat dalam aktifitas perjuangan melawan Israel.

“Bahkan, salah seorang tawanan Palestina di penjara Israel adalah seorang pemain bola berprestasi, tetapi dia juga orang yang berribath (menjaga perbatasan dalam rangka berjihad), dia juga penghafal al-Qur’an,” papar Syaikh Hani.

Lebih dari itu, Palestina mempunyai dua orang pemain bola internasional yang berprestasi yaitu Ahmad Kaskas dan Mahmud Zirziq yang pernah bermain di Barcelona bersama Messi.

“Mereka ini adalah aktifis masjid dan hafal Qur’an 30 juz, Ahmad Kaskas saya sendiri yang mendidiknya ilmu agama di masjid,” ungkap Syaikh Hani.

Advertisemen

Related Posts

Baca Tulisan Lainnya ini