Keunikan Masjid Paling Utara di Dunia

Advertisemen
Apabila kita mencoba memetakan (secara geografis) masjid-masjid yang ada, maka akan ditemukan sebuah masjid yang terletak paling utara di bagian bumi ini. Ada sebuah masjid di sebuah kota yang terselubung kabut, dikelilingi pegunungan, yaitu kota Pelabuhan Tromso, Nowegia Utara. Di sebuah jalan utama berbatu dengan rumah-rumah kayu dan toko yang dicat warna merah cerah, biru dan kuning, lalu mengambil kiri tepat sebelum toko hewan peliharaan. Di sana, di sebelah Pusat pengobatan Alami, Anda akan menemukan sebuah bangunan persegi sederhana dengan sebuah plakat bertuliskan Alnor Senter, yaitu sebuah bangunan masjid yang dulunya adalah tempat studio tari. Alnor senter berdekatan dengan banyak hal lain yang superlatif di Tromso, seperti Katedral protestan paling utara di dunia, kebun raya, tempat pembuatan bir dan simfoni orkestra yang terletak paling utara pula.

Tromso adalah sebuah kota yang secara geografis terletak di atas 69 derajat lintang utara, 350 Km diatas lingkaran Arktik. Kota yang cukup jauh dari negeri-negeri Islam. Tromso secara resmi didirikan pada tahun 1794. Merupakan titik awal dari ekpedisi di kutub utara. Hilir-mudik berganti para nelayan dan pedagang ikan paus, ikan cod dan ,kulit anjing laut datang ke sini. Penggembala rusa telah tinggal di sini terpanjang dari semua. Sejak pertengahn 1980an para pelayar terjauh datang ke kota ini. 1000 dari 67000 penduduknya menjadi muslim, banyak dari mereka berasal dari Timur tengah dan Afrika Utara.


Sebuah hal unik dan akan menjadi pertanyaan seorang muslim adalah mengenai keunikan waktu matahari yang ada di sana. Dikarenakan posisi geografis kota Almor, akan ada suatu saat dimana tidak ada matahari terbit atau terbenam (Midnight Sun dan Polar Night). pertanyaannya bagaimana seorang muslim harus melaksanakan kewajiban ibadahnya? Terutama perihal waktu-waktu untuk sholat fardhu dan Puasa Ramadhan?.

Apa yang harus dilakukan selama malam dan siang itu telah menjadi titik perdebatan besar bagi kami," Kata Sandra Maryam Oem, wakil direktur Alnor Senter. Sedangkan suaminya, Andrew Ibrahim adalah petugas masjid yang mengawasi dokumen perkwainan, perceraian dan kematian. "Kami akhirnya meminta seorang syekh di Arab Saudi, dan dia memberi kami sebuah fatwa dengan tiga pilihan: Ikuti Jadwal Mekah, ikuti jadwal dari kota terdekat yang memang memiliki matahari terbit dan terbenam atau memperkirakan dan merancang jadwal tetap. kami memutuskan untuk mengikuti Mekah untuk waktu ramadhan yang jatuh pada saat malam polar, dan kemudian untuk waktu lain kita mengikuti matahari kita."

Pada Tahun 2011 kemarin, dengan Ramadhan yang jatuh pada tanggal 1-29 Agustus, puasa dimulai saat matahari terbit pukul 2.30 pagi sampai matahari terbenam pukul 11 dini hari. Namun suhu yang dingin membantu mempermudah orang untuk berpuasa.
(dilansir dari Islamcity.com dalam artikel "Ramadan in the Farthest North ").
Advertisemen

Related Posts

Baca Tulisan Lainnya ini