Kenapa Kulit Manggis Lawan Penyakit-Penyakit Maut?

Advertisemen
Manggis yang dikenal juga sebagai queen of fruits memiliki banyak khasiat untuk kesehatan. Manggis berkhasiat untuk kesehatan dan kecantikan. Manggis juga sebagai antioksidan, yaitu dapat 'menangkap' radikal bebas dan mencegah kerusakan sel sehingga proses degenerasi sel terhambat. Disebut radikal bebas lantaran atom atau kelompok atom itu memang dalam keadaan bebas alias tidak terikat dengan gugus lain. Radikal bebas mempunyai elektron yang tak berpasangan. Jika diibaratkan radikal bebas mirip orang jahat, belum berpasangan, tangan tak terikat sehingga usil mengambil gambar orang. Faktanya radikal bebas memang menangkap molekul hydrogen, asam lemak, logam berat yang pada akhirnya memicu beragamnya penyakit degeneratif.

Tidak hanya pada isi buah, namun kulit manggis memiliki khasiat yang hebat. Kulit manggis mengandung zat yang disebut dengan 'Xanthone', yang kadarnya mencapai 123.97 mg per 100ml. Khasiat XANTHONE bukan sekedar antioksidan, tetapi juga antikanker seperti hasil riset Moongkarndi. Ekstrak kulit manggis bersifat antiproliferasi yang kuat untuk menghambat pertumbuhan sel kanker. Selain itu ekstrak itu juga bersifat apoptosis atau mendukung penghancuran sel kanker. Khasiat lain XANTHONE sebagai antibakteri dan antivirus sebagaimana hasil riset Matsumoto.

Dalam uji invitro, periset Gifu International Institute of Biotechnology itu membuktikan  XANTHONE ampuh mengatasi Mycobacterium tuberculosis, bakteri penyebab tuberculosis (TB). Keperkasaan XANTHONE juga melibas human immunodeficiency virus penyebab anjloknya kekebalan tubuh. Senyawa itu menghambat replikasi.

Kkulit manggis yang selama  ini terbuang percuma, ternyata ampuh sebagai obat. Kulit manggis yang semula dianggap sampah, kini dicari untuk diminum. Kulit manggis yang dulu cuma untuk penyakit “ringan,” kini untuk penyakit maut. Semua gara-gara beragam penelitian di  berbagai negara yang seakan-akan kompak  menyebutkan, kulit manggis berkhasiat obat berkat kandungan xanthonenya.

Penyakit jantung koroner, stroke, kanker pankreas, ginjal bocor, arthritis, fibriomyalgia, dan diabetes adalah sebagian kecil penyakit yang pernah terbukti kewalahan menghadapi xanthone. Sejumlah mantan penderita penyakit-penyakit mengerikan itu bercerita, konsumsi kulit manggis memperbaiki kesehatan mereka. 

Kulit manggis yang dipakai bisa berupa jus ataupun serbuk dalam kapsul. Jus kulit manggis ada di pasar dengan merek berbeda-beda. Sedangkan kapsul berisi serbuk kulit manggis umumnya dibuat oleh para herbalis. 


Kesimpulannya buah manggis dapat melawan penyakit-penyakit maut seperti kanker tbc dan hiv. (Sumber: trubus-online).
Advertisemen

Related Posts

Baca Tulisan Lainnya ini