Mengenal Jenis-Jenis Layanan Web Hosting

Advertisemen

Ada 3 jenis hosting yaitu Shared Hosting, VPS atau Virtual Private Server dan yang terakhir Dedicated Server. Dengan mengenal dari ketiga jenis layanan hosting tersebut, Anda dapat memilih dan menyewa layanan yang sesuai dengan kebutuhan web yang Anda miliki.

A. Shared Hosting

Shared hosting adalah layanan hosting di mana sebuah account hosting ditaruh bersama-sama beberapa account hosting lain dalam satu server yang sama, dan memakai services bersama-sama. Keuntungan shared hosting adalah harganya yang murah, namun kerugiannya adalah tingkat privasi dan performa yang tidak sebaik hosting dedicated.  kekurangan shared hosting ini terletak pada resource yang saling mempengaruhi antara pengguna satu dengan yang lainnya. Dengan kata lain jika ada salah satu user menggunakan resource besar maka anda akan terkena imbasnya pada performa website yang super lambat.

B.VPS

VPS adalah sebuah physical server yang dibagi menjadi beberapa virtual private sever. Setiap VPS terlihat dan bekerja seperti sebuah jaringan server sistem yang sebenarnya, komplit vps dengan pengaturan sendiri untuk init script, users, pemrosesan, filesystem, dan sebagainya. hosting ini tetap menggunakan 1 server sama seperti shared hosting  namun perbedaannya adalah pada resource-nya yang dibatasi untuk per user sehingga tidak terjadi saling berebut resource. Namun harga layanan yang satu ini lebih mahal dari Shared Hosting.


C. Dedicated Server

Sementara Dedicated Hosting adalah layanan hosting di mana sebuah server yang dipakai oleh 1 account (atau 1 website, 1 klien) saja. Keuntungannya adalah performa dan privasi yang lebih baik, karena server tidak dipakai oleh pihak ketiga. Kerugiannya adalah harga yang lebih mahal. Terdiri dari Colocation (di mana mesin disediakan oleh klien sendiri dan ditaruh di data center penyedia hosting) dan Dedicated Server (di mana mesin disediakan oleh pihak penyedia hosting). Dedicated Server milik sendiri ini adalah sebuah server hosting yang disediakan sendiri oleh sang pemilik website atau dengan kata lain pemilik website menggunakan komputernya sendiri sebagai hosting server. Keuntungannya adalah pemilik website bisa mengatur sendiri hostingnya sesuai dengan keinginannya dia termasuk kapasitas data yang diijinkan.
Anda Ingin Tahu Bagaimana Cara Mudah membuat web Profesional? Silahkan Simak tulisan ini:
Advertisemen

Related Posts

Baca Tulisan Lainnya ini