Pelajaran Fisika: Energi Nuklir

Advertisemen

Tentang Energi Nuklir

Atom itu kecil tetapi dapat melepaskan banyak energi. Ketika sebuah atom yang tidak stabil berubah menjadi atom yang stabil, maka akan menimbulkan radioaktifitas. Hal itu juga akan menimbukan enegri potensial yang terkunci di dalam nukleus atom. Beberapa atom dapat dibuat untuk menghasilkan suplai energi nuklir berkala melalui proses yang disebut reaksi berantai.

Ledakan Nuklir

Ketika bom nuklir diledakan, segera memulai reaksi berantai dan melepaskan enegri yang sangat besar dengan sangat cepat. Sebongkah plutonium radioaktif seukuran bola tenis dapat menghasilkan energi 10.000 ton ledakan dasyat.

Fisi Nuklir

Dalam fisi nuklir (pembelahan), Atom besar dipecah menjadi atom yang lebih kecil dan menimbulkan energi. Saat sebuah netron ditembakan pada nukleus atom besar, atom itu menjadi tidak stabil dan terbelah menjado dua atom yang lebih kecil. Energi dihasilkan dan beberapa netron dilepaskan juga. netron-netron yang dilepaskan itu menabrak atom besar lainnya yang tidak stabil dan mulailah reaksi berantai.

Fusi Nuklir

Dalam fusi nuklir (bergabung), energi yang sangat besar timbul ketika atom-atom kecil bergabung menjadi atom lebih besar. Saat itu juga sebuah netron dilepaskan. Bintang-bintang seperti matahari membuat energi ketika fusi nuklir terjadi di dalamnya, pada suhu dan tekanan yang sangat tinggi.

Advertisemen

Related Posts

Baca Tulisan Lainnya ini