Belajar Membuat Roket, Panduan Untuk Guru

Advertisemen
Bidang Roket adalah salah satu bidang yang akhir-akhir ini mulai digandrungi di Indonesia. Terutama roket air, telah banyak diuji coba oleh berbagai kalangan. Hal ini merupakan awal yang baik untuk memulai membangun Ilmuwan roket. Tahun yang lalu, LAPAN juga telah uji coba roket dengan skala yang cukup besar

Bisa dibilang dalam bidang roket, Indonesia masih jauh tertinggal dibanding negara maju. Untuk meluncurkan satelit saja, kita masih meminta bantuan negara lain. Sedangkan Negara Amerika telah satu tahun yang lalu telah meluncurkan roketnya untuk mendaratkan manusia ke bulan untuk kedua kalinya, yaitu dengan uji coba Ares 1x, dan direncanakan tahun 2015 akan meluncurkan roket keduanya dengan skala yang lebih besar.

Tentu melihat perkembangan negara-negara lain dalam bidang Roket, membuat kita harus pula ikut untuk mengembangkan bidang ini. Allah SWT telah menyatakan dalam Alquran agar manusia dapat menjelajah langit, dan untuk melakukannya diperlukan kekuatan. Sehingga umat Islam juga tidak boleh ketinggalan.

Sebagai salah satu sumber sebagai langkah awal mempelajari bidang Roket, maka beberapa minggu yang lalu blog ini telah mencoba memposting sebuah halaman yang menampilkan ebook panduan mengenai ilmu dan teknologi roket yang disusun oleh NASA. Dalam ebook dipaparkan sekilas mengenai teknologi roket, dan pada pokoknya ebook ini merupakan sebuah panduan bagi guru untuk melatih murid bereksperimen dalam dasar-dasar sains dan teknologi Roket. Untuk membaca panduan tersebut silahkan klik disini, atau klik gambar roket pada bagian samping halaman blog ini (Gambar dengan tulisan ROCKET SCIENCE).

Karena disusun oleh NASA, tentunya panduan ini berbahasa inggris. Jika Anda mengalami kesulitan untuk membaca, cara yang disarankan adalah dengan mengartikannya melalui software translator inggris-indonesia. Cara termudah adalah dengan menggunakan google terjemah (online).

Advertisemen

Related Posts

Baca Tulisan Lainnya ini