Doa Ketika Susah Mencari Kebutuhan Hidup

Advertisemen

Doa Menghadapi Hidup Susah

Ditengah kerasnya kehidupan materi yang terjadi saat ini, banyak sekali orang yang tidak bisa tahan dengan kondisi hidupnya. Akhirnya banyak orang stress, gila atau bahkan memilih untuk mengakhiri hidupnya(bunuh diri). Sebagai orang yang beriman, tentu kita dilarang untuk melakukan tindakan yang mengancam jiwa.

Islam mengajarkan untuk hidup sederhana dan tidak bergantung kepada materi.  Islam juga tidak mengajarkan untuk meninggalkan materi. Materi hanyalah sarana untuk melangsungkan kehidupan.

Di dalam mengatasi beratnya untuk mencari materi dunia, Allah telah menegaskan/memerintahkan dalam Alquran agar setiap orang yang beriman untuk meminta kepada-Nya. Ud'uuni Astajiblakum (Mintalah kepadaKU niscaya Aku kabulkan).

Para ustadz pun telah menjelaskan dalam berbagai kesempatan bahwa kunci keberhasilan manusia di dunia adalah ikhtiar dan Doa. Sebagai orang yang beriman kita sebenarnya tidak boleh memisahkan kedua kunci ini. Ikhtiar tanpa doa adalah kesombongan.

Orang yang tidak pernah berdoa adalah orang yang menganggap dirinya tidak bergantung pada apapun dan serba cukup, padahal kehidupan ini bergantung pada Allah SWT. Sedangkan orang yang hanya berdoa tanpa ikhtiar, sama saja mengingkari sunah Allah. Bahkan seekor semut pun berikhtiar untuk mendapat makanannya.

Salah satu doa populer yang banyak disarankan dalam buku-buku doa ketika seseorang susah mencari kebutuhan hidup yaitu:

اللهم رضني بقضائك وبرك لي فيما قدر لي حتى لاأحب تعجيل ما أخرت ولا تأخير ماعجلت

ALLAHUMA RADDZINI BIQADHAIKA WA BAA RIKLI FIIMAA QUDDIRA LI HATTA LAA UHIBBA TA'JILA MA AKHKHARTA WA LAA TA`KHIRA MAA 'AJALTA

"Ya Allah, berikanlah rasa puas padaku dengan ketetapanMu dan berkatilah aku dengan semua yang telah dipastikan bagiku sehingga aku tidak menyukai kesegeraan dari apa yang Engkau tangguhkan dan tidak pula menyukai penangguhan dari apa yang Engkau segerakan."

Advertisemen

Related Posts

Baca Tulisan Lainnya ini