Sedikit Mengenal Kehidupan Imam Syafi'ie

Advertisemen
Imam Syafi'e menurut apa yang diriwayatkan menunjukan bahwasanya ia adalah seorang ahli Ibadah, yaitu ia membagi malam menjadi tiga bagian , 1/3 untuk ilmu, 1/3 untuk ibadah dan 1/3 untuk tidur.

Ar rabi' berkata : " As syafi'ie rahimahullah itu mengkhatamkan Al Quran dalam Bulan Ramadhan 60 kali. Seluruhnya itu dalam Sholat. Sedangkan Al Buwaithi salah seorang temannya itu mengkhatamkan AlQuran dalam bulan Ramadhan dalam setiap hari."

As Syafi'ie berkata : " Saya tidak kenyang-kenyang sejak umur 16 tahun karena kenyang itu memberatkan badan, mengeraskan hati, menghilangkan kecerdasan, menarik tidur dan melemahkan orang yang kenyang dari Ibadah. "

AS Syafi'ie Berkata: " Saya tidak pernah berdiskusi dengan seseorang lalu saya suka ia salah" dan ia berkata : "Saya tidak pernah berbicara kepada seseorang melainkan saya suka ia mendapatkan taufiq, kebenaran pertolongan dan pemeliharaan dari Allah Ta'ala. Dan saya tidak pernah berbicara dengan seseorang sedangkan saya mengindahkan agar Allah SWT menjelaskan kebenaran itu pada lidahku atau lidahnya. "

Begitulah sedikit riwayat tentang Imam syafi'e. Dialah orang yang pertama kali menyusun kitab Ushul Fiqih (Metode dalam Mengistinbatkan hukum ISlam).

Advertisemen

Related Posts

Baca Tulisan Lainnya ini