Hadits tentang Aqiqah / Akikah Bayi

Advertisemen

Pengertian Aqiqah

Aqiqah yaitu sembelihan yang disembelih karena lahirnya seorang anak sesuai dengan ketentuan syara'.

"Dari Ibnu Abbas ra, bahwasanya Nabi SAW telah mengaqiqahkan Hasan dan Husain masing-masing seekor kibas. "(HR. Ashabu Sunan).

"Dari Samrah Bahwasannya Nabi SAW bersabda: "Tiap-tiap anak yang dilahirkan tergadai dengan aqiqahnya, yang disembelih pada hari yang ketujuh (dari hari kelahirannya) dan pada hari itu pula dicukur rambutnya dan diberi nama." (HR. Ashabus Sunan).

Bersabda Rasulullah SAW: "Barang siapa diantara kamu ingin beribadat tentang anaknya, hendaklah diperbuatnya (disembelihnya) untuk anak laki-laki dua ekor kambing dan untuk anak perempuan satu ekor kambing." (HR. Ahmad, Nasai dan Abu Daud).

Telah menceritakan kepada kami abu Nu'man berkata, telah menceritakan kepada kami Hammad bin Zaid dari Ayyub dar Muhammad dari Sulaiman bin Amir, ia berkata:

"Pada anak lelaki ada kewajiban akikah."

Dan Hajjaj berkata, telah menceritakan kepada kami Hammad berkata, telah mengabarkan kepada kami Ayyub dan Qatadah dan Hisyam dan Habib dari Ibnu Sirin dari Salman dari Nabi saw. Dan berkata tidak satu orang dari Ashim dan Hisyam dari Hafshah binti Sirin dari ArRabab dari Salman bin Amir Adl Dlabiyyi dari Nabi Shalallahu 'alaihi wasallam. Dan Yazid bin Ibrahim juga menceritakan dari Ibnu Sirin dari Salman perkataannya, dan Ashbagh berkata, telah mengabarkan kepadaku Ibnu Wahb dari Jarir bin Hazim dari Ayyub Assakhtiyani dari Muhammad bin Sirin berkata, telah menceritakan kepada kami Salman bin Amir AdDlabbi ia berkata,

" Aku mendengar Rasulullah saw bersabda "Pada anak lelaki ada kewajiban 'akikah, maka potongkanlah hewan sebagai akikah dan buanglah keburukan darinya".

Tata cara penyembelihan yang baik itu seperti apa?

Advertisemen

Related Posts

Baca Tulisan Lainnya ini