Buku Pengantar Studi Etika

Advertisemen
Judul Buku: Pengantar Studi Etika
Penulis : M. Yatimin Abdullah
Penerbit : RajaGrafindo Persada
Tahun : 2006
Hlm: 704

Etika dalam kehidupan manusia menempati posisi penting karena keteraturan dalam sebuah masyarakat atau bangsa sangat tergantung pada bagaiamana konstruk etikanya. Artinya, nilai-nilai yang menjadi pegangan bagi sebuah masyarakat atau bangsa sangat menentukan jatuh bangunnya suatu masyarakat atau bangsa tersebut. Oleh karena itu, pengajaran etika sangat penting bagi penanaman nilai-nilai yang baik dalam masyarakat. Namun etika yang selama ini diajarkan belum menjamin seseorang menjadi baik karena mereka tidak mengerjakan nilai-nilai etikanya secara utuh.

Etika Islam sebagai salah satu satu sumber etika mengajarkan dan menuntun manusia kepada perbuatan yang baik dan menjauhi perbuatan-perbuatan yang dilarang berdasarkan AlQuran dan Hadist. Kelebihan etika Islam adalah mengatur dan mengarahkan manusia berdasarkan fitrahnya di bawah pancaran sinar petunjuk Allah SWT dengan mengaharap ridhonya. Etika Islam tercermin dalam kepribadian Rasulullah S.a.w.

Buku ini membahas tingkah laku manusia yang dipadukan dengan pendekatan KBK. Pembahasannya sangat komprehensif, sehingga bagus untuk menjadi rujukan dalam memahami etika ISlam.
Advertisemen

Related Posts

Baca Tulisan Lainnya ini