Rukum iman

Advertisemen
Rukun iman ada 6 yaitu :
1. Iman kepada Allah, Yaitu percaya dengan yakin di dalam hati bahwa yang menciptakan alam seisinya adalah Allah Tuhan semesta alam

2. Iman Kepada Malaikat, yaitu percaya dengan yakin bahwa selain menciptkan manusia Allah juga menciptkan para Malaikat.

3. Iman kepada Kitab-kitab, yaitu mempercayai bahwa Allah telah menurunkan Kitab-kitab kepada manusia di dunia ini untuk menunjukan manusia kepada jalan kebenaran.

4. Iman kepada Para Rasul, yaitu mempercayai bahwa Allah telah mengutus Para rasul untuk menyampaikan kebenaran.

5. Iman kepada hari akhir, yaitu mempercayai bahwa kehidupan di dunia ini akan berakhir pada waktu yang hany dietahui oleh Allah. Dan setelah datangnya hari akhir maka dimulailah kehidupan akherat.

6. Iman kepada Qodar Nya yang baik dan yang buruk, Yaitu mempercayai bahwa segala perkara itu telah ada ketetapanya di sisi Allah.

Sabda Rasulullah S.a.w, yaitu ketika ditanya malaikat Jibril('alaihi Salam) : Maka kabarkanlah kepadaku tentang iman? , ( yaitu bahwa engkau beriman kepada Allah dan malaikat-malaikatNya, dan kitab-kitabNya, dan Rasul-rasulNya dan Hari akhir, dan beriman kepada QodarNya yang baik dan buruk, berkatalah Jibril: benarlah kamu. )
Advertisemen

Related Posts

Baca Tulisan Lainnya ini