Persiapan Ramadhan (1) : Perlukah?

Advertisemen

Mempersiapkan Diri Untuk Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan adalah bulan penuh berkah. Penuh berkah bagi siapa? Yaitu bulan yang penuh berkah bagi orang beriman yang mau memanfaatkan bulan ramadhan untuk beribadah dengan sebaik-baiknya. Saat kita akan mengadakan kegiatan tertentu, supaya kegiatan tersebut dapat berjalan dengan sukses maka kita harus mempersiapkannya dengan sebaik-baiknya. Tak lain dengan kesuksesan di bulan Ramadhan, kita perlu untuk mempersiapkannya dengan sebaik-baiknya.

Pertanyaan penting dan relevan yang perlu kita tanyakan pada diri sendiri adalah:
"Bagaimana saya bisa membuat bulan Ramadhan yang akan datang ini menjadi berkah bagi diri saya dan bagi orang di sekitar saya".

Kenapa Perlu Persiapan Dan Perencanaan

Anda mungkin bertanya: "Bagaimana jika saya tidak berencana untuk bulan ini?" Jawabannya terletak pada beberapa baris berikut.

Orang harus memahami bahwa bulan Ramadhan adalah bulan persiapan sepanjang tahun. Ini adalah dorongan yang kuat untuk tingkat iman kita yang akan membantu kita bergerak sepanjang sisa tahun ini. Hilang Ramadhan satu tahun adalah seolah-olah kita melewatkan persiapan untuk satu tahun. Hilang Ramadan banyak seolah-olah kita kehilangan sebagian dari hidup kita. Hilang Ramadhan sepanjang hidup kita seolah-olah kita kehilangan seluruh hidup kita.

Nabi pernah naik tiga langkah mimbar-nya (tempat dia biasa berdiri di atas memberikan pidato) di mana ia mengatakan Amin setiap kali ia naik selangkah. Ketika ditanya oleh sahabatnya tentang mengapa ia berkata demikian, ia menyebutkan bahwa Jibril datang padanya dan membuat tiga permohonan dan memintanya untuk mengatakan Amin, membenarkan dan bergabung dengannya dalam permohonan. Salah satu dari tiga permohonan adalah "Semoga Allah mempermalukan dia yang mencapai Ramadhan dan tidak mendapatkan dosa-dosanya diampuni." (Al Albani)

Ibadah Khusus di Bulan Ramadhan

Dalam bulan Ramadhan, seseorang dapat melakukan segala jenis ibadah dan ketaatan kepada Allah. Puasa adalah suatu perbuatan yang sangat dicintai Allah dan tanda dari niat tulus. Malam-malam Ramadhan penuh dengan rahmat dan berkat bagi mereka yang memanfaatkan untuk beribadah.

Ramadhan adalah bulan Al-Qur'an di mana perhatian ekstra harus diberikan pada Quran. Nabi menggunakannya untuk beramal lebih banyak di bulan Ramadhan dibandingkan waktu lain. Ini adalah kesempatan nyata bahwa kita harus memanfaatkan dan saya meminta Allah untuk membantu kita. Jika kita semua melakukan hal yang sama dan mencoba untuk mendapatkan yang terbaik dari bulan ini, kita sebagai komunitas orang beriman akan menunjukkan ketaatan kita kepada Allah karenanya Dia bisa melimpahkan rahmat-Nya kepada kita, keluarga kita, masyarakat kita, dan seluruh dunia. Amin.
(Disadur dari onislam.net)

Baca selanjutnya:(Yang Perlu dipersiapkan Untuk Ramadhan)


Advertisemen

Related Posts

Baca Tulisan Lainnya ini