Pelajaran Biologi: Sistem Reproduksi Manusia (Pendahuluan)

Advertisemen
"Dan sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dari suatu saripati (berasal) dari tanah.
Kemudian Kami jadikan saripati itu air mani (yang disimpan) dalam tempat yang kokoh (rahim).
Kemudian air mani itu Kami jadikan segumpal darah, lalu segumpal darah itu Kami jadikan segumpal daging, dan segumpal daging itu Kami jadikan tulang belulang, lalu tulang belulang itu Kami bungkus dengan daging. Kemudian Kami jadikan dia makhluk yang (berbentuk) lain. Maka Maha sucilah Allah, Pencipta Yang Paling Baik."(Al Mu'minuun: 12- 14).


Melanjutkan Keberadaan Manusia


Sistem reproduksi menggunakan proses produksi generasi baru untuk melanjutkan keberadaan spesies dengan fusi dua sel dari individu yang berbeda, ini dicapai pada manusia oleh fusi satu sperma dan satu ovum (sel telur). Fusi ini disebut "pembuahan" dan dicapai dengan hubungan seksual antara laki-laki dan perempuan. Tubuh laki-laki ini dirancang untuk memungkinkan pembuatan, penyimpanan dan transfer sel kelamin laki-laki (atau sperma). Tubuh wanita dirancang untuk memproduksi, menyimpan dan melepaskan sel telur (ovum). Penciptaan kehidupan manusia adalah sebuah keajaiban untuk dilihat sebagai dua sel kecil - sperma dan sel telur - sekering untuk membentuk sel baru yang, setelah pembuahan, berada di dalam rahim perempuan. Sembilan bulan kemudian, sepenuhnya terbentuk, bernapas,manusia kecil lahir.

Organ Sistem reproduksi Perempuan


Sistem reproduksi wanita terdiri dari organ-organ yang memungkinkan seorang wanita untuk menghasilkan telur (ovum), untuk melakukan hubungan seksual, untuk memelihara dan rumah sel telur dibuahi sampai sepenuhnya dikembangkan, dan untuk melahirkan. Tidak seperti laki-laki, organ seksual wanita yang hampir seluruhnya tersembunyi. Organ wanita terdiri dari vulva, vagina, uterus (atau rahim), tuba falopi, dan ovarium. Payudara juga termasuk dalam sistem reproduksi wanita karena mereka mengembang untuk menjadi stasiun makan bayi yang baru lahir, selain berkontribusi untuk menikmati hubungan seksual. Simbol biologis perempuan yang sering kita lihat berasal dari representasi dari cermin tangan Venus, dewi cinta Romawi dan kesuburan.

Organ Sistem Reproduksi Laki-Laki


Sistem reproduksi laki-laki memungkinkan seorang pria untuk melakukan hubungan seksual dan untuk membuahi ovum (telur) dengan sperma (sel kelamin laki-laki). Sperma, bersama dengan hormon seks pria, diproduksi di "testis," disebut sepasang kelenjar berbentuk oval yang tersuspensi dalam kantung skrotum. Organ seksual laki-laki yang terlihat sebagian dan sebagian tersembunyi di dalam tubuh. Bagian yang terlihat adalah penis dan skrotum. Di dalam tubuh adalah kelenjar prostat dan tabung yang menghubungkan sistem bersama. Organ laki-laki memproduksi dan mentransfer sperma ke betina untuk fertilisasi. Simbol biologis laki-laki yang sering dipakai saat ini berasal dari simbol perisai dan tombak Mars, dewa perang Romawi dan agresi.
Advertisemen

Related Posts

Baca Tulisan Lainnya ini