Pelajaran Kimia Hidrogen

Advertisemen

Apa itu Hidrogen

Kamu tidak dapat melihat, merasakan atau mencium hidrogen, namun unsur ini membentuk 90 persen materi (benda). Matahari dan bintang tebentuk dari gas hidrogen. Pada bumi, hidrogen membentuk senyawa (campuran unsur), selalu ditemukan pada setiap makhluk hidup. Gas hidrogen digunakan untuk membuat bahan kimia, seperti ammonia, yang diperlukan untuk membuat pupuk. Hidrogen juga digunakan untuk menaikaan jumlah bensin yang dihasilkan oleh minyak mentah.

21. Al Anbiyaa'
30. Dan apakah orang-orang yang kafir tidak mengetahui bahwasanya langit dan bumi itu keduanya dahulu adalah suatu yang padu, kemudian Kami pisahkan antara keduanya. Dan dari air Kami jadikan segala sesuatu yang hidup. Maka mengapakah mereka tiada juga beriman?


Hidrogen dalam Bintang

Bintang berbahan bakar hidrogen. Temperature dalam bintang supertinggi, atom hidrogen saling menghancurkan dan melebur (bergabung) membentuk atom helium. Reaksi ini memberi/mengahasilkan sejumlah energi yang besar/raksasa berbentuk cahaya dan panas. Atom hidrogen diperkirakan merupakan atom yang pertama kali terbentuk di alam semesta dan saling melebut untuk membentuk unsur lain yang lebih berat.

Pesawat Ulang-alik

Pesawat Ulang-alik menggunakan bahan bakar hidrogen cair karena hidrogen memberi kekuatan yang sangat banyak dengan hanya berat yang sedikit. Hidrogen, seperti bahan bakar lainnya, memerlukan oksigen untuk terbakar, sehingga pesawat ulang-alik memiliki sebuah tanki yang berisi hidrogen cair dan sebuah tanki yang berisi oksigen cair. Uap yang tepat dari dua cairan ini disemprotkan ke mesin dan disulut. Hidrogen meledak, mengirim uap panas keluar dari mulut pipa dan membantu dorongan pesawat ulang-alik ke angkas.

Hidrogenasi

Margarin dibuat dengan melewatkan gelembung gas hidrogen melewati minyak sayur yang panas. Kelebihan atom hidrogen bergabung dengan moleku minyak dan minyak berubah dari cari menjadi bentuk yang lebih padat. Proses ini disebut dengan hidogenasi. Jika minyak dihidrogenasi penuh, maka akan menjadi padat.

Mobil Berbahan bakar Hidrogen

Ilmuwan mengembangkan mobil bertenaga hidrogen. Mobil berisi tanki hidrogen yang berkombinasi dengan oksigen dari udara untuk menggerakan mobil. Mobil berbahan hidrogen menghasilkan air sebagai pengganti gas polusi yang berbahaya. Mobil ini tidak diproduksi masal, karena saat ini ilmuwan tidak mengembangkan metode penyedian hidrogen yang terpadu dan ringan.

Advertisemen

Related Posts

Baca Tulisan Lainnya ini